Oct 28 2008

Cyber Test

Published by

Mengungkap penentu perilaku penggunaan email melalui internet

Email….. adalah sebuah kata yang sudah sangat familiar di telinga hampir setiap orang. Saya pribadi mengenal email pertama kali di tahun 1996. Waktu itu suami saya menjalani tugas belajar S3 di Leeds University, UK. Untuk memperlancar komunikasi, saya dianjurkan menggunakan email. Warnet KOSUDGAMA adalah pilihan saya untuk menggunakan email waktu itu. Dengan pengetahuan NOL besar mengenai IT, saya datang ke Warnet minta diajarin bagaimana caranya berkirim surat lewat mesin ajaib ini. Eudora adalah freeware pertama yang saya gunakan. Betul-betul fantastik, cepat, dan reliabel adalah kesan pertama saya terhadap teknologi ini. Email telah menghubungkan saya dan suami yang berada di benua yang berbeda.

Pengalaman positif selalu meninggalkan kesan yang mengundang seseorang untuk lagi dan lagi. Itulah sebetulnya yang terjadi antara saya dan email. Pengalaman positif itu membuat saya semakin tertarik mempelajari hal ihwal yang berkaitan dengan email. Tahun 1998-1999 pada saat mendapat beasiswa dari British Commonwealth-the University of Leeds scholarship pilihan saya jatuh ke Computer Based Learning Unit (CBLU) University of Leeds, UK untuk belajar IT, Multimedia, and Education. Bidang yang sangat menyenangkan dan sekaligus mencengangkan. Di sini saya belajar bagaimana memanfaatkan teknologi dalam bidang pembelajaran.

Ketertarikan ini berlanjut pada awal 2007 ketika saya memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S3. Topik seputar penggunaan email merupakan sentral dari riset yang akan terus saya dalami. Judul riset saya kali ini adalah

PENGGUNAAN SURAT ELEKTRONIK:
Apakah dipengaruhi faktor-faktor psikologis?

Topik yang sangat sederhana, tetapi menyimpan segudang tanya. Mengapa ada orang yang sangat tinggi frekuensinya menggunakan email, sementara ada sebagian lain yang sama sekali tidak menggunakannya? Mengapa pula ada yang hanya sekali-kali saja menggunakan email ini? Apa sajakah faktor yang melatari pemilihan media ini dalam berkomunikasi?

Rekan-rekan dosen UGM adalah pilihan responden dalam penelitian ini. Tidak muluk-muluk alasan yang saya kemukakan. Sebagai dosen perguruan tinggi, email merupakan media yang sangat potensial untuk sharing knowledge dan building network. Tentu saja ada alasan yang seringkali tak terungkap melatari penggunaan email di kalangan dosen UGM. Mari kita ungkap bersama, dengan cara mengikuti petunjuk berikut:

1. Klik session tes pada petunjuk no 9 dibawah
2. Masukkan username dan pasword yang sudah saya kirimkan kepada Bapak/Ibu melalui email. Apabila Bapak/Ibu adalah dosen UGM dan bersedia menjadi responden, silahkan klik dan tulis email ke neila_psi@ugm.ac.id
3. Mulai terlebih dahulu dengan mengisikan data pribadi. Hal ini sangat saya butuhkan untuk pembahasan mengenai pengaruh faktor demografi.
4. Jawablah semua pertanyaan, jangan sampai ada yang terlewati.
5. Setelah menjawab semua pertanyaan, silahkan submit jawaban tersebut kemudian tunggu sampai sistem ini mengeluarkan konfirmasi kata kunci 6 digit yang berupa angka. Segera setelah menerima kata kunci ini, kami akan mengirimkan sovenir ke alamat kantor Bapak/Ibu.
6. Pertanyaan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan penelitian ini, silahkan hubungi:

Sekretariat Penelitian Cyber Psychology
Fakultas Psikologi Gedung B Lantai 2 Ruang 208
Hari Senin-Kamis pukul 10.00-14.00 wwib

Contact Person: Hayu 08155510004

7. Keuntungan ikut serta dalam session tes ini adalah Bapak/Ibu akan terlibat aktif sekaligus melihat hasil riset. Saya akan menayangkan hasil riset ini dan semua telaah berkaitan dengan topik penelitian di situs ini yang tentu saja dapat Bapak/Ibu unduh setiap saat.
8. Untuk keterangan lebih lanjut, Bapak/Ibu dapat menghubungi saya melalui 0811259326 (catatan: untuk periode 25 November 2008 s.d. 5 Januari 2009 berhubung sedang tidak berada di Indonesia, saya hanya menerima dan membalas sms)
9. Untuk mulai mengerjakan tes, silahkan Klik Link dibawah ini untuk memasuki Session Tes

test.jpg

*Penghargaan dan terima kasih saya sampaikan kepada pihak-pihak yang mendukung penelitian ini terutama kepada promotor Prof. Djamaludin Ancok, Ph.D dan ko promotor Sugiyanto, Ph.D.
**Items on Theory of Planned Behavior (TPB) based questionnaire constructed in the Department of Psychology, University of Massachusetts, Amherst MA September-October 2008. This work supervised by Prof. Icek Ajzen, Ph.D founder of TPB.
***Penayangan kuesioner online oleh Santi UPTB dan Fidia Nur Beny.
****Crew pengumpul data dan pendukung lain, thank You.

7 responses so far

7 Responses to “Cyber Test”

  1. krisdyatmikoon 07 Dec 2008 at 9:13 am

    jika penelitian telah selesai, tolong dikirimi hasilnya. trims.

  2. Faturon 05 Jan 2009 at 8:19 pm

    Mbak Neila,

    Tentang Test saya punya bbrp komentar:
    1. Jumlah item terlalu banyak dan tampak krg selektif – sbg pengisi saya merasakan itu
    2. Fokus pada ’email’ pada tes rasanya menjadi agak overlap dg ‘internet’
    3. Kata TES rasanya kurang tepat dipakai. Orang bisa menjadi krg nyaman karena spt dites
    4. Pilian dari item-item ttt ada yang kurang pas. Misal, ‘sangat benar’ jelas gak cocok krn benar-salah tidak bisa dibuat rentang selain dikotomi.
    5. Dalam pilihan semantik ada satu kata yang dilawankan 2x. Mestinya satu kata hanya dipakai 1x dan lawan katanya tidak lebih dari 1 juga.

    Selamat

    Fatur

  3. Taufikon 19 Jan 2009 at 3:27 am

    Testimoni berinternet nie yee….
    Persis mbak, saya kenal internet tahun 1995 saat barusan lulus S-1 kerja di Bogor. Kalo ndak salah waktu itu masih under DOS programnya (Eudora kah namanya??). Saat mantan pacar sedang menjadi relawan di Portland, OR e-mail adalah sarana komunikasi yang paling murah dan efektif (interlokal masih sangat mahal waktu itu, ndak ada chatt, VOIP dan sebagainya). Pindah kantor ke Jakarta, ternyata memungkinkan kerja dari rumah. Maka berlangganan lah indonet. alamat email waktu itu dhita13@indo.net.id
    Nge-net benar-benar murah yaa saat di UGM ini, karena full difasilitasi kampus. Namun sekarang rasa-rasanya aksesnya belum mencukupi, sehingga perlu diback up speedy dan indosatm2

  4. Neilaon 29 Jan 2009 at 10:06 am

    Thank pak Kris, Fatur, dan TFK atas share nya. Terutama untuk pak Fatur, feedback harus saya follow up di penulisan ya..

  5. Oetamion 09 Nov 2009 at 10:28 pm

    Neila, tes cyber -mu ini hanya berlaku untuk dosen ugm ya?

  6. WIWIN SUDARMAWANon 05 Oct 2012 at 1:22 pm

    saya ingin hasil tes psikologi titian angkatan ke 9 dan 10 di p4tk sambisari.trimakasih

  7. Neilaon 09 Oct 2012 at 12:56 pm

    Maksudnya tes yang manakah ya ??

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply