Aug 13 2007

My Self

Published by

Name : Neila Ramdhani

Education

1994 – M.Si. in Clinical Psychology, Gadjah Mada University, Indonesia
1999 – M.Ed. in IT, Multimedia, and Education University of Leeds, UK
2009 – Dr. in Psychology, Gadjah Mada University, Indonesia, Indonesia

Teaching

Undergraduate in Psychology
– Mental Health
– Behavioral Modification for Clinical Setting

Master Course in Management
Organizational Behavior
– Communication & Managerial Skills
– Strategic Human Resource Management
– Organizational Change & Development

Research Interests:

Mental Health Promotion
Psychology of IT (Cyber Psychology)
Multimedia to Support Learning
Autism

36 responses so far

36 Responses to “My Self”

  1. boedon 13 May 2008 at 8:39 pm

    Blognya keren Bu Neila.
    Salam untuk Pak Alva ya Bu dari negeri Singa
    🙂

  2. sastion 28 Oct 2008 at 2:30 am

    apa kabar bu?
    wah sekarang di amerika ya bu. apa pak alva juga?
    hmm…masi inget waktu kuliah Psikologi Industri dulu, bu Neila menegaskan tentang Aktualisasi Diri sebagai puncak piramida.
    ternyata tidak mudah ya bu…

  3. Dimas doni Won 21 Dec 2008 at 10:51 pm

    sampun kulo isi bu kuisioneripun
    nyuwun pangapunten menawi radi telat….:D

    anw risetnya sangat menarik bu…bisa sebagai masukan PPTIK.

    salam,
    DDW

  4. Neilaon 07 Jan 2009 at 7:55 am

    Sasti,
    ya betul emang gak mudah untuk mencapainya. Saya sudah kembali berada di tanah air nih sekarang… sukses yah..

    Untuk DDW, thank atas partisipasinya,
    Sorry…. lama baru bisa approve comment nya. Baru nongol lagi setelah 40 hari dari tanah haram and gak dapat akses internet… .

  5. Tetyon 16 Jan 2009 at 9:04 pm

    Bu Neila,

    Saya sudah isi semua “test” nya. Maaf telat ngisinya, soalnya baru pulang dari negeri Sakura dan webmail ugm tidak dapat diakses (dari Jepun) setelah ada kabar puting beliung.
    Semoga hasilnya bermanfaat dan berguna buat kita semua.

    Salam,
    Tety
    FPT

  6. Projoon 27 Jan 2009 at 10:11 am

    Sudah saya isi Bu Neila.
    Mudah-mudahan bermanfaat.

    Ada yang sedikit bikin bingung: pertanyaannya “berapa kali seminggu”, kok pilihan jawabannya “sekian kali per hari”. Saya mengacu ke pertanyaannya, dengan menganggap “per hari”nya salah ketik. Jan-jannya gimana to Bu?

    Salam,

    P

  7. Neilaon 27 Jan 2009 at 10:57 am

    Buat bu Teti, pak TFK and pak Projo yang baik,

    mega nuwun atas partisipasinya. Semoga sukses ya..

  8. rachmat gunawanon 19 Mar 2009 at 4:46 am

    bu sebetulnya kalau mempelajari psikologi dari islam semua masalah hidup akan terjawab dengan sendirinya……..saya belajar kejiwaan secara islam dari quran dan sunnah rasulullah saw…….ilmu barat belum bisa mencapainya…………

  9. La Mansuron 15 Jun 2009 at 10:10 am

    assalaamu’alaikum, wrwb

    mohon sebelumnya mungkin sedikit agak formal tetapi konkritnya saya telah membaca berapa karya ibu yang melalui http://neila.staff.ugm.ac.id/wordpress/wp-content/uploads/2008/02/neila_buletin-tsm.pdf, dan mohon maaf sekaligus terima kasih karena saya telah men-downloadnya sebagai salah satu referensi saya dalam penyusunan proposal disertasi saya yang kebetulan saja saya sangat tertarik untuk melakukan penelitian untuk mengungkap pengaruh TI terhadap perilaku dan kinerja individu dalam organisasi….
    hanya saja, saya akan sangat berterima kasih jika sekiranya ibu berkenan memberikan waktu dan kesempatan kepada saya untuk dapat berkonsultasi kepada ibu baik melalui dunia maya dan apalagi dapat berkomunikasi secara langsung dengan ibu…
    oleh karena ini, dengan segala kerendahan hati, melalui media ini saya berharap kiranya ibu berkenan untuk memberikan alamat ibu yang dapat saya hubungi baik berupa no telp./hp atau pun alamat e-mail ibu…
    demikian harapan saya, atas bantuannya saya sampaikan terima kasih

    wassalam

  10. unaion 04 Dec 2009 at 12:29 am

    Yuk Nella..blognyo kerennnn..

  11. Neilaon 05 Dec 2009 at 9:33 pm

    terima kasih.. buat pak Mansyur, kontak lewat email aja (neila_psi@ugm.ac.id) Pak akan lebih memudahkan dan fleksibel daripada telpon khan.. Yuni, apa kabar?? Setuju pak Gunawan..

  12. krisnaon 10 Dec 2009 at 11:31 pm

    Dear Bu Neila

    salam kenal saya Krisna dari mahasiswa MBA UGM jakarta.

    wah blognya menarik sekali nih.. saya juga punya passion di bidang education dan psikologi. tp background saya dari ekonomi dan manajemen.

    semoga semakin banyak belajar, semakin banyak share juga ya bu..

    mampir ke facebook saya kalau ada.

    xna_182@yahoo.com

    regard

    Krisna

  13. Jaggil Apakon 28 Feb 2010 at 8:13 am

    Salam kenal Dr. Neila,

    Pertama, ingin sekali saya perkenalkan diri. Saya sedang belajar (peringkat Master) di Universiti Malaysia Sabah, Kota Kinabalu, (Sabah, Malaysia) dalam bidang pengurusan pendidikan. saya tertarik dengan artikel yang Dr. Niela postkan di internet bertajuk “SIKAP DAN BEBERAPA PENDEKATAN DALAM MEMAHAMINYA”. kebetulan saya sedang memulai kajian saya yang menjurus dalam bidang berkaitan sikap. jadi, ingin sekali saya mengetahui tahun bila dan dibentang/ diterbitkan di mana artikel berkenaan supaya boleh saya jadikan sebagai rujukan dalam tesis saya.

    artikel tajuk kajian saya ialah ‘SIKAP GURU TERHADAP KOKURIKULUM (EXTRA-CURRICULAR) DAN HUBUNGANNYA DENGAN PENGURUSAN KOKURILULUM DALAM KALANGAN GURU DI DAERAH KUDAT, SABAH. jadi, saya ingin memohon bantuan Dr. untuk mendapatkan Questionaire berkaitan sikap untuk saya jadikan panduan.

    bagaimana saya boleh berhubung melalui email dgn Dr?

    terima kasih.

    Jaggil Apak
    Universiti Malaysia Sabah
    Kota Kinabalu
    Email dan facebook: jaggil74@hotmail.com

  14. SIGIT RICAHYONOon 27 May 2010 at 9:50 am

    Presentasinya tadi pagi hebat. Blognya tambah hebat. Lain waktu, pas saya ke FIB, boleh mampir ke Psikologi ketemu Njenengan Bu? Mau ngobrol2 sebentar tentang riset saya n riset B Neila yang td pagi diprestasikan. Ada sejumlah kesamaan.
    Matur suwun. Sigit Ricahyono S3 FIB 085645700575

  15. dillyanaon 23 Sep 2010 at 3:19 am

    Dear bu Neila..
    Bu senang sekali mwlihat foto ibu dan belajar dari kepintaran dan pengalaman ibu, rasanya kangen. Bu saya mahasiswi dari Timor Leste angkt 95. Sy dah isi tesnya bu moga dapat membantu. Bu salam hormat u bu hapti, pak Koent dan mas firin ya mereka adalh dosen pembimbing skripsi sy. sukses selalu ya bu.

  16. Neilaon 23 Sep 2010 at 8:53 am

    Dillyana,
    Terima kasih atas salamnya. Akan saya sampaikan salam untuk bu Hapti dan pak Koentjoro. Pak Firin sudah mendahului kita Dillyana menghadap Nya beberapa bulan lala. Doakan beliau mendapat tempat yang kayak di sisiNya.

  17. Endy Fatah Joesoefon 28 Sep 2010 at 8:20 am

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.,
    Lama tidak ketemu Bu Neila. Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat wal’afiat. Selamat beraktifitas dan terus belajar untuk lebih baik memberikan solusi buat orang orang yang membutuhkan. Khususnya mereka yang sedang belajar ilmu psikologi ataupun praktisinya. Wassalam Wr. Wb.,

  18. arkaon 18 Jan 2011 at 9:35 pm

    salam, saya kebetulan semampir di web Ibu karena mendapat tugas untuk menggali tacit knowledge para dosen melalui *.staff.ugm.ac.id dari Pak Djoko (Kepala P3 yang baru).

    web-nya bagus bu, mungkin lain kesempatan boleh saya konsultasi mengenai elearning melalui email?

    Nuwun.

  19. sarastianaon 11 Mar 2012 at 9:07 pm

    Bagaimana cara mendaftar Email ugm. ac.id nya bu…..! Saya mahasiswa S2 MMUGM Kelas Diknas angkatan 2A…..silahkan berkunjung ke blog saya Bu htp://sarastiana.com

  20. SRI INDRIATIon 22 Mar 2012 at 7:11 am

    Selamat malam bu Nela, saya sri indriati, mahasiswa S2 ibu di MM UGM. Mohon saran ibu, bagaimana menghadapi perilaku remaja,agar kita bisa dianggap sebagai teman mereka dan mereka tetap mempunyai rasa hormat pada kita. masalahnya siswa setingkat sma atau smk sekarang agak sulilt ditebak. kita jaga jarak mereka malah takut atau sebaliknya.

    terima kasih

  21. Neilaon 31 Mar 2012 at 10:29 pm

    Bu Indri,
    sebetulnya siswa tidak perlu ditebak-tebak ya.. Yang penting adalah bagaimana kita bergaul dengan mereka dengan cara menciptakan rasa aman bahwa kita adalah teman bukan seseorang yang ‘lebih’ tahu dari mereka sehingga kita bisa menebak perilaku dan maksud mereka. Caranya? Terima mereka apa adanya dengan dunia nya pada usianya.. Kita pernah muda sehingga sesungguhnya kitalah yang bisa memahami mereka. Semangat…

  22. SRI INDRIATIon 01 Apr 2012 at 8:34 pm

    pagi bu, ada teman yang tertarik untuk dilatih tentang pembelajaran yang sering ibu ceritakan kalau di kelas diknas itu bu. beliau adalah ketua MGMP Akomodasi Perhotelan se DIY. kalau ibu berkenan, nanti beliau akan mengusahakan ijin ke Dikmenpora DIY. Insya allah pesertanya nanti dikondisikan untuk sesuai aturan yang berlaku di yayasan ibu. terima kasih.

  23. Neilaon 02 Apr 2012 at 5:58 am

    Bu Indri,
    silahkan saja beliau diminta menghubungi Yayasan Titian kantor Yogyakarta ya bu. Nanti kita bicarakan kemungkinannya. SIlahkan ke 0274 881477 dengan mas Yuliardi Swasono

  24. Putera Iskandaron 26 Apr 2012 at 1:29 am

    Assalamualaikum bu neila, maaf, ibu alumni asrama RN angkatan tahun berapa ya bu? wassalamualaikum. terima kasih.

  25. Neilaon 15 May 2012 at 7:09 am

    Pak Putera, saya itu lulus 1986 e..

  26. Kusmantoroon 21 May 2012 at 2:28 am

    Assalaamu ‘Alaikum Wr.Wb.

    Maaf hanya sekendar bersyukur kepada Allah Swt dan menyanjung namun tanpa pamrih….Seandainya Srikandi2 Pertiwi Indonesia spt Ibu Neila…..Betapa Jaya Indonesiaku beberapa tahun kedepan, karena Insya Allah terlahir generasi Genius namun Religius sebagai pemimpin bangsa.

    Semoga remaja dan anak2 kita terjauh dari suasana keremangan yang menghapus masa depannya…!

    “Sebaik-baik hamba adalah yang bermanfaat untuk orang lain”

    Semoga Ibu diberi kesehatan dan umur yang barokah sehingga semakin banyak yang tersirami dengan Akhlaqul Kharimah dan ilmu yang bernilai manfaat bagi sesama.

    Semoga kita termasuk hamba2 yang Husnul Khatimah dengan amalan2 ilmu yang bermanfaat bagi sesama…Amin.

    Wassalaamu ‘Alaikum Wr.Wb.

  27. Neilaon 07 Jul 2012 at 3:05 am

    Pak Kusmantoro yang baik,
    Terima kasih atas apresiasinya. Mohon maaf saya tidak mengelola blog ini selama beberapa bulan terakhir karena ada kesibukan yang tidak dapat ditinggalkan. Semoga kita dapat menjalin silaturahim melalui forum ini ya Pak.. Sukses terus untuk anda. Neila.

  28. Ferryon 03 Aug 2012 at 8:49 am

    Assalaamu ‘Alaikum Wr.Wb.
    Salam kenal Bu Neyla, saya mahasiswa kedokteran di bandung. kebetulan saya sedang membuat tesis yang berhubungan dengan tulisan2 ibu. tesis saya mebahas tentang progressive muscle relaxation dihubungkan dengan ancaman keguguran pada ibu hamil muda, yang akan dinilai adalah efek dari progressive muscle relaxation untuk pencegahan keguguran, karena ada beberapa teori menyebutkan bahwa keguguran disebabkan juga oleh stress.
    Namun yang menjadi masalah saya sulit menemukan tulisan atau buku yang membahas tentang progressive muscle relaxation, Saya mengharapkan ibu membantu memberikan rekomendasi buku2 yang bisa saya pelajari yang tersedia di indonesia.

    Terima kasih,
    Ferry

  29. Ferryon 08 Aug 2012 at 11:52 am

    Assalaamu ‘Alaikum Wr.Wb.

    Selamat malam Ibu Neila, setelah saya membaca2 lebih lanjut, ternyata di fakultas ibu telah membuat VCD tentang cara relaksasi otot, dan IsnyaAllah saya akan menggunakan VCD tersebut untuk penelitian saya terhadap ibu-ibu hamil yang menderita ancaman keguguran.
    Mohon petunjuknya bu, kalau diijinkan bagaimana caranya saya bisa mendapatkan VCD tersebut.

    Atas bantuannya banyak terima kasih,

    Hormat saya,

    Ferry

  30. SRI INDRIATIon 26 Nov 2012 at 11:00 am

    Assalaamu ‘Alaikum Wr.Wb.
    Selamat malam bu Neila. saya mendapat informasi dari Prof. Jamaludin Ancok bahwa bu Neila menulis buku tentang guru inspiratif. Saya sudah cari di salah satu toko buku, tetapi belum ada. kalau boleh, saya ingin berkonsultasi tentang bagaimana cara mengukur bahwa seorang guru telah mampu menginspirasi siswa dalam motivasi belajarnya. Insya allah saya akan menulis tesis tentang guru yang inspiratif di tempat saya mengajar. Dan apakah kemampuan guru utk menginspirasi siswa tersebut dapat dikategorikan sebagai kinerja ? terima kasih sebelumnya bu.

  31. SRI INDRIATIon 26 Nov 2012 at 11:24 am

    Assalaamu ‘Alaikum Wr.Wb.
    Selamat malam Ibu Neila, saya mendapat informasi dari Prof. Jamaludin Ancok bahwa ibu telah menulis buku tentang guru inspiratif. saya sudah berusaha cari di salah satu toko buku, namun belum dapat. Saya akan coba cari di toko buku lain. mohon maaf, kalau boleh, melalui blog ini saya ingin berkonsultasi tentang bagaimana pengukuran untuk guru inspiratif itu. apakah daya inspiratif guru tersebut dapat dikategorikan sebagai kinerja bu ? insya allah ini akan saya jadikan materi tesis saya. sebelumnya saya haturkan terima kasih.

  32. wiryatun diknas mm ugmon 27 Nov 2012 at 12:05 am

    Bu, Assalamualaikum
    Semoga Ibu sehat selalu..perkenalan dulu ya bu.Maaf, masih ingat saya bu??

  33. Neilaon 17 Dec 2012 at 12:32 am

    Ibu Indri,
    Saya mendapat info dari tim Titian Foundation yang menerbitkan buku Menjadi Guru Inspiratif itu dijual di Toko Buku Gramedia. Namun apabila Ibu tinggal di Yogya atau Jakarta dan menginginkan untuk membeli di Kantor Titian Foundation juga boleh yaitu di:

    1. Kantor Yogyakarta:
    Jalan Ampel Gading 342 Condong Catur, Ring road utara, Yogyakarta

    2. Kantor Jakarta:
    Jalan Cikini Raya no. 21 Jakarta Pusat

    Semangat ibuku…

  34. SRI INDRIATIon 18 Jan 2013 at 11:26 am

    met malam bu nela, pasti baru istirahat ya. Saya mohon sekali bantuan ibu, karena saya sangat bingung menghadapi anak saya yg sekarang usianya 13 tahun. kemarin saya ikutkan dia tes psikologi. hasilnya intelegensinya rata – rata. tetapi regulasi emosinya yang kurang baik. apakah ini berbahaya bu? memang dia kalau marah berapi – api sekali, tetapi sebentar dah tertawa lagi. mohon bantuan ibu, apa yang seharusnya saya lakukan. saya khawatir dengan perkembangan jiwanya bu. maaf bu dah merepotkan. tetapi saya mohon bantuan ibu. kalau ibu sarankan saya harus bawa anak saya terapi, saya akan lakukan bu. terima kasih bu sebelumnya

  35. Marianaon 21 Oct 2015 at 11:17 pm

    Hello ibu Neila,

    Perkenalkan saya Mariana. Saya mahasiswa Gunadharma yang sedang mengambil program PhD. Disertasi saya mengenai “The efficacy of sandplay therapy at reducing level of generalised anxiety disorder in women age 35-45 years in Indonesia”
    Saya mendapatkan info mengenai ibu dari Prof. Ancok. Saya ingin sekali bertemu dengan ibu sehubungan dengan pencarian promotor untuk riset saya.
    Saya dengar dari prof Ancok ibu akan ke Jakarta tanggal.9 November. Apakah memungkinkan ibu ada waktu sehingga saya bisa bertemu dan bicara sebentar bu ?

    Thanks.

    Regards
    Mariana
    Counselor & Psychotherapist
    Hp. 0818912088
    * Please get my information through Google + (Mariana foo)

  36. Neilaon 05 Nov 2015 at 1:46 pm

    monggo..

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply