Apr 05 2009

Cinta = motivator

Published by at 12:50 am under Life Skills

Love means not ever having to say you’re sorry

Ingat kata-kata puitis tersebut?

itu kalimat yang penuh makna diucapkan seorang kekasih kepada pasangan hidup yang sangat dicintainya.

Sebuah film yang diangkat  dari novel terkenal tahun 70-an dibintangi oleh Ali McGraw yang berperan sebagai Jeniffer Cavilleri dan Ryan O’Neal sebagai Oliver Barrett IV. Kalimat ini disebutkannya dua kali dan memberikan kesan yang sangat mendalam bagi kedua bintang tersebut.

Sebetulnya tulisan ini sudah saya tuliskan selesai nonton ulang film Love Story tatkala saya ‘kesepian’ di Amherst puasa tahun lalu. Tapi gak tahu apa yang terjadi, saya mencoba mengingat apa alasannya kok tulisan ini tak terselesaikan. Tapi alasan itu nampaknya tak terlalu penting, toh suatu saat nanti kalau saya jadi orang terkenal, akan ada orang-orang yang bertindak sebagai detektif yang menyelidiki hal ini… he he eeee..

Yang jelas, hari ini saya tiba-tiba ingat kata-kata tersebut pernah saya tuliskan di blog ini tapi kok gak ada ya.., nah setelah dicari akhirnya saya temukan dia di folder DRAFT.. kasihan yaa ternyata tulisan ini tersimpan tak berujung published.

Ingatan mengenai kata-kata cinta ini berawal dari sebuah email yang saya terima dari suatu milist yang dikirim oleh nining@…. subjek email tersebut Bekerja dengan Cinta, yang di dalamnya dia mengutip puisi Khalil Gibran di bawah ini:

Kerja adalah CINTA yang mengejawantah.
Jika kau tiada sanggup bekerja dengan cinta,
hanya dengan enggan,
maka lebih baik jika kau meninggalkanya.
lalu mengambil tempat di depan gapura candi,
meminta sedekah,
dari mereka yang bekerja dengan suka cinta.

Bagus khan?? Ini email dari seorang teman yang sharing perasaan saling memotivasi dalam menulis disertasi.

Settingnya beda tetapi substansinya (kalau menurut saya) beda, dengan tujuan yang sama dengan kata-kata Jenifer dalam Love Story di atas. Sama-sama menenangkan, menghibur, dan mencambuk.

Kata-kata bijak merupakan salah satu media yang sering saya gunakan untuk membangkitkan motivasi. Apalagi kata bijak yang mengandung cinta. ‘Bekerja dengan cinta’ merupakan kata yang mempunyai kekuatan seperti BOM. Siapa yang pernah merasakan malas beraktivitas pada saat dikuasai oleh cinta? Apalagi bila aktivitas tersebut berkaitan dengan objek cintanya. Maka dari itu kata-kata Khalil Gibran yang dikutip Nining merupakan kata-kata yang tak terbantah. Ibarat hipotesis dia mesti lebih kecil dari nol koma nol satu…

2 responses so far

2 Responses to “Cinta = motivator”

  1. Lex dePraxison 25 May 2009 at 2:39 am

    Menarik. Untuk referensi tambahan, mungkin bisa menyimak juga Butir-Butir Cinta.

  2. reraon 13 Apr 2010 at 6:36 am

    saya menambahkan, “orang yang mencintaiadalah orang yang paling sabar, lemahnya kesabaran menandakan lemahnya cinta dan juga iman” kurang lebih seperti itu..

Comments RSS

Leave a Reply