Sep 22 2008

Belajar Theory of Planned Behavior

Published by at 12:58 pm under Opinion

Dah satu semester ini saya berusaha mengkonstruksi sebuat alat ukur yang dapat menghantarkan beberapa data yang saya butuhkan untuk menguji model teoretik yang saya bangun untuk riset yang sedang saya lakukan ini. Pendekatan yang saya gunakan memang miliknya Martin Fishbein dan Icek Ajzen. Itu lho yang nulis buku-buku mengenai Beliefs, Attitude, and Behavior.

Pendekatan memang beda dengan pendekatan lain dalam mengukur sikap. Mereka berdua menggunakan pendekatan mathematical yang membuat kita peneliti dapat mengungkap dengan lebih jitu mengenai sikap seseorang terhadap perilaku tertentu sehingga prediksi terhadap perilaku akan dapat dilakukan dengan lebih tepat (katanya lhooo).

Nah teorinya dikenal dengan Theory of Planned Behavior (TPB), bunyinya? silahkan aja baca artikel beliau di http://people.umass.edu/aizen/ dijamin paham deh.

Silahkan baca itu artikel dan buku, baru setelah itu belajar bagaimana cara menyusun kuesionernya. Beberapa article yang amat sangat penting bagi peneliti yang menggunakan TPB dan mulai menyusun kuesioner silah jenguk http://people.umass.edu/aizen/tpb.html.

30 responses so far

30 Responses to “Belajar Theory of Planned Behavior”

  1. Ancokon 26 Sep 2008 at 9:33 pm

    Wah kalo semua dosen punya web kayak gini, ruaaaarrr biasa manfaatnya untuk banyak orang.

  2. boedon 09 Oct 2008 at 2:03 am

    Bu Nei,

    Saya sedang belajar konsep-konsep terkait ‘decision under uncertainty’ untuk aplikasi di manajemen resiko di proyek. Teori yang ada juga penuh mathematical formulation, misalnya: utility theory (UT) dan prospect theory (PT) 🙂

    Prospect theory -katanya- juga punya predictive power untuk kasus-kasus risky choices. Apakah TPB, UT, PT bisa dimasukkan ke satu mazhab ya Bu? ‘the mechanical model of man” ? mohon pencerahan.

    Chaiyo Bu,

  3. Neilaon 09 Oct 2008 at 10:20 am

    kalau dalam buku Psychology of Attitude tulisan e Eagly and Chaiken, TPB ini dikelompokkan ke dalam Mathematical model of Human Behavior, karena TPB mengurai unsur pembentuk perilaku setelah itu melihat adanya keharusan untuk multiplikasi dari unsur-unsur tersebut. Tulisan saya mengenai TPB ini baru sedikit sekali, saya pingin menambahkan seri pemahaman saya mengenai TPB dan bagaimana teori ini berkata mengenai perilaku manusia. Kemaren kuliah terakhir Icek memperlihatkan rasional nya kenapa dia mengalikan belief dan evaluation. Wah rada cupet otak saya melihatnya….. dah lama gak bermain dengan logika matematika e.

    saya pingin lihat juga lebih detil UT dan PT, yang lebih fokus ke Decision Making in hard situation ya? Jadi nampaknya (mungkin) betul juga kalau kita mengelompokkan teori mereka ke dalam Mechanical model of Human Behavior.

  4. Ariesanthi84on 08 Jan 2009 at 7:41 pm

    Bu Nei,

    saya juga sedang belajar teori ini..menarik sekali..mohon pencerahannya juga 🙂

  5. harryon 03 Apr 2009 at 10:51 pm

    thanx bu bwt referensinya sy mnggunakan Teori Planned Behavior untuk penelitian sy…,,,

  6. yolaon 24 Apr 2009 at 2:33 am

    Bu nei,

    saya mahasiswa akuntansi S1, di berikan tugas sm dosen, untuk membuat semacam laporan tentang Behaviorism Theory,,,,
    bisa gak ibu nolongin sy buat dapat data2nya????
    trima kasih ya bu

  7. raditson 01 May 2009 at 10:50 pm

    wah ini yang saya cari…
    kebetulan lagi bingung buat kuisioner untuk intensi.
    Selain TpB, teori ttg intensi apa ya??

    thx b4

  8. Neilaon 02 May 2009 at 7:26 pm

    Yola,
    mungkin yang dimaksud grand theory nya behaviorism? Untuk pemula atau mahasiswa yang non psikologi ada baiknya baca-baca penjelasan singkat di http://simplypsychology.pwp.blueyonder.co.uk/ nanti silah temukan link dimaksud di sana.

    Untuk Radits,
    teori intensi perilaku ya dari Ajzen itu.. Untuk bacaan terbaru silah temukan di sub chapter yang ditulis oleh Ajzen dan Cote dalam buku Attitude & AttitudeChange yang diedit oleh William D. Crano dan Radmilla Prislin. Ditambah dengan kumpulan link yang disediakan Ajzen tersebut di atas dijamin paham deh..

  9. raditson 04 May 2009 at 3:42 am

    ok ok… terima kasih infonya…..
    ke tkp dulu….

  10. latifahon 16 May 2009 at 9:44 pm

    salam kenal….saya juga lagi buat proposal penelitian tentang itu. mohon penjelasan lebih lanjut. apakah model TPB itu hanya bisa dianalisis pakai SEM AMOS???? bisa pakai SPSS gak ya???? makasih.

  11. Neilaon 17 May 2009 at 8:15 am

    Latifah,
    AMOSS dan SPSS itu kan contoh software untuk analisis data. Tentu saja tidak ada yang mengharuskan kita untuk menggunakan salah satu software khan?? Kalau betah, ngitung pake tangan alias kalkulator pun boleh lho..

  12. ricoon 19 May 2009 at 10:19 am

    Nice inpo..thx alot

  13. rusnanion 21 Mar 2011 at 2:56 pm

    Bu Neila saya ada tugas buat power point mengenani TPB untuk dipresentasikan, tolong saya bu gimana caranya

  14. fikrion 23 Jun 2011 at 8:43 am

    bu neila,, ni saya sedang menyusun skripsi tentang TPB,,
    mau nanya kalo bukunya ttg TPB tu di jual dmn ya?,, apakah ada yg bahasa indonesia?,,hehe

    mohon arahannya bu..
    makasih sebelumnya..

  15. Neilaon 08 Jul 2011 at 10:14 pm

    Mas Fikri,
    Buku-buku mengenai TPB cukup banyak tersedia di pasar. Memang umumnya berbahasa inggris. Ini contoh link yang dapat anda manfaatkan untuk mendapat sumber bacaan berupa buku maupun artikel jurnal http://people.umass.edu/aizen/. Silahkan diunduh di sana, karya tulisan tokoh besar pencetus teori TPB itu sendiri.

  16. gledis tiaon 25 Sep 2011 at 9:35 pm

    bu neila.. saya lagi mencari contoh model serta asumsi untuk theory of planned behavior, mohon bantuannya bu. trimakasih 🙂

  17. sisca Pon 11 Feb 2012 at 4:49 am

    saya sementara mempelajarinya sekarang untuk mendukung penelitian….ku

  18. Ianon 24 Feb 2013 at 1:54 am

    bu neila,, saya ian. saya sedang mencari referensi teori-teori tentang sikap untuk pendukung penyusunan tesis saya yang berjudul “faktor-faktor yang mempengaruhi sikap ibu primigravida terhadap pemberian asi eksklusif” bisa minta saran, teori apa saja yang bisa saya gunakan sebagai dasar teorinya ? terimakasih bu neila..

  19. Ianon 24 Feb 2013 at 1:58 am

    ibu neila ada link untuk teori reasoned action bu ?

  20. Neilaon 06 Mar 2013 at 2:22 pm

    Ian,
    silahkan ke http://www.psych.umass.edu/people/icekaizen/

    di website Prof Ajzen tersebut banyak hasil riset beliau yang bagus untuk diacu. Semoga sukses ya..

  21. Ianon 20 Mar 2013 at 8:57 am

    Ibu Neila,, terimakasih banyak atas infornya,, akan saya coba cari di website tersebut… sukses untuk Ibu Neila Juga 🙂

  22. megaon 23 Apr 2013 at 1:59 am

    Ibu, skripsi saya kan kebetulan pake TPB ini, tentang perilaku konsumsi tepatnya.
    Tapi saya kesulitan untuk membentuk indikator – indikator untuk intensi dan perilaku.
    saya sudah coba download yang di situs beliau, tapi tetap tidak dapat pencerahan.
    Apa indikator intensi memang terdiri dari sikap, norma subjektif, dan TPB? tidak bisa diukur dengan indikator lain?
    Terus kenapa kalo untuk variabel perilaku tidak ada penjelasan lebih lanjutnya ya?
    terimakasih ibu

  23. Neilaon 23 Apr 2013 at 3:39 am

    Mega,
    Intensi itu dipengaruhi atau lebih tepatnya ditentukan oleh variabel attitude, subjective norms, dan perceived behavior control. Dengan kata lain ketiga variabel tersebut bukan indikator dari intensi. itulah sebabnya pada model teori TPB itu ketiga variabel ini digambarkan sebagai anteseden dari intensi.

    Untuk mengukur perilaku langsung ditanyakan saja kepada responden frekuensi dan intensitas perilakunya. Sehingga biasanya datanya adalah data objektif. BTW Mega skripsi dimana? Semoga sukses ya..

  24. Nadon 26 Apr 2013 at 12:53 pm

    ibu Neila, kebetulan penelitian sy menggunakan TPB ….sy menggunakan teori TPB untuk penelitiann di sektor pemerintahan dimana situasinya adalah mandatori, saya sedikit bingung untuk menyusun kuesioner bu…adakah artikel yang bisa sy gunakan sebagai bahan membuat kuesioner yang tepat untuk penelitian saya, mohon petunjuknya ….terima kasih bu Neila..

  25. megaon 23 May 2013 at 7:22 am

    Oh begitu ya bu. Saya dari STIS bu.
    Kebetulan analisis yang ingin saya gunakan adalah SEM yang mengharuskan semua variabel yang digunakan adalah latent variabel. Oleh karena itu saya mencoba mencari indikator dan variabel pengukuran dari variabel – variabel tersebut.
    Ada beberapa referensi lain yang menjadi dasar saya dalam penentuan var.pengukuran tersebut. Tidak masalah kan bu, jika kita mencoba memakai referensi lain dalam pembentukan model, bukan hanya dari TPB? makasih sebelumnya bu atas doa dan jawabannya. Sukses juga buat ibu saya doakan 🙂

  26. Asuaron 07 Feb 2014 at 10:24 am

    Ibu, trims ya, ini sangat berguna untuk skipsi saya.

    thanks so much

  27. ardion 09 Feb 2016 at 1:35 am

    maaf sebelumnya, saya mau tanya buku tentang teori perilaku terencana milik ajzein yang versi indonesia ada tidak ya, kalo ada mohon infonya

  28. Dianon 19 Nov 2016 at 10:50 pm

    Bu mega, saya ingin bertanya krn sy skrng juga sedang melakukan penelitian yg menggunakan TPB. bagaimana cara nya membuat indikator-indikator untuk setiap intesi.

  29. Leni Armayation 23 May 2017 at 5:54 am

    Ibu selamat sore maaf mengganggu ibu .. Ibu saya lagi menyusun desertasi yang judulnya Saya sangat tertarik dengan Tpb.. Tapi saya masih bingung bagaimana caranya membuat model yang sama dengan Tpb tapi saya mau menambahkan satu variabel baru di antara intention dan perilaku atau outputnya… Dengan variabel moderator.. Apakah boleh seperti itu ibu… Boleh saya kunjungi ibu ke jogja untuk konsultasi mksh ibu

  30. Neilaon 03 Jun 2017 at 2:04 am

    Monggo silahkan

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply