Jan 12 2014

Adaptasi bahasa dan budaya Big Five Inventory

Published by at 1:17 am under Books & Journals

Penggunaan taksonomi kepribadian Big Five di dalam penelitian psikologi makin hari makin meningkat. Di Indonesia, riset yang menggunakan inventori kepribadian Big Five memrediksi perilaku konsumtif, minat kewirausahaan, kepuasan konsumen, hingga komitmen organisasi.  Ada yang menggunakan Big Five Inventory, ada juga yang menggunakan Five Factor Model. Jumlah itemnya pun berbeda-beda, ada yang 44 item, 50 item, 100 item, bahkan ada yang 300 item.

Riset ini bertujuan untuk mengadaptasi Big Five Inventory (BFI) ke dalam Bahasa Indonesia, yang disajikan dalam dua tahap. Pertama, proses penerjemahan BFI yang dikembangkan oleh Oliver John, terdiri dari 44 item. Penerjemahan dilakukan oleh dua orang Indonesia berlatar belakang ilmu psikologi yang pernah tinggal di Amerika Serikat selama lebih dari lima tahun. Hasil terjemahan ini didiskusikan untuk memperoleh kesamaan pemaknaan masing-masing item. Proses diskusi ini dimoderatori oleh seorang psikolog yang bergelar Ph.D lulusan Amerika Serikat. Hasil terjemahan yang disepakati ini, selanjutnya diterjemahkan kembali ke dalam bahasa Inggris oleh seorang penerjemah professional yang tidak berlatar belakang ilmu psikologi. Hasil terjemahan ulang ke dalam bahasa Inggris ini dibandingkan dengan BFI asli. Diperoleh hasil bahwa tidak ada perbedaan makna antara item-item BFI asli dengan terjemahan ulang BFI versi bahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris. Selanjutnya, BFI versi bahasa Indonesia ini dibaca oleh tiga orang awam yang bertujuan untuk mengetahui apakah hasil terjemahan tersebut dapat dipahami. Setelah diyakini bahwa item-item tersebut dipahami sesuai dengan tujuan masing-masing item maka tahap pertama riset ini dianggap selesai. Kedua, BFI versi bahasa Indonesia disajikan kepada 790 orang responden dengan latar belakang usia, pendidikan, dan daerah asal yang beragam.

Hasil penelitian tahap satu disajikan dalam bentuk paparan proses penerjemahan. Hasil penelitian tahap dua berupa uji korelasi tiap item dengan skor total. Hasil tahap dua ini menunjukkan bahwa korelasi item dengan total untuk dimensi Extraversion bergerak antara 0,30 – 0,52, Agreeableness 0,32 – 0,60, Conscientiousness 0,30 – 0,60, Neuroticism 0,31 – 0,58, dan Openness 0,30 – 0,65. Reliabelitas kelima dimensi BFI bergerak antara 0,70 – 0,78.

Baikkah tingkat kesesuaian item-item yang saya terjemahkan tersebut dengan dimensi yang dikemukakan oleh Goldberg maupun dengan skala BFI yang disusun Oliver John? Untuk mendapatkan kejelasan mengenai hal ini saya menguji model pengukuran yang disusun Oliver John ini dengan menggunakan SEM. Silahkan dibaca artikel Big Five‘ yang dimuat di Jurnal Psikologi, 39(2), halaman 189-207 ini.

Kata kunci: Big Five Inventory, reliabelitas, adaptasi budaya, kepribadian

28 responses so far

28 Responses to “Adaptasi bahasa dan budaya Big Five Inventory”

  1. Tetion 24 Feb 2014 at 1:50 am

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Selamat siang, Bu neila. Saya Teti, mahasiswa mapro PIO UGM angkatan VIII. Maaf, Bu, merepotkan. Saya ingin meminta bantuan Ibu untuk meminjam riset Ibu tentang Adaptasi bahasa dan budaya Big Five Inventory. Saya ingin menggunakan inventori big five tersebut untuk penelitian saya. Apabila Ibu berkenan, saya bisa menemui Ibu kapan ya, Bu? Soalnya saya ini dari luar Jogja.Terima kasih sebelumnya, Bu.

    Wassalam

  2. Neilaon 26 Feb 2014 at 4:35 am

    Teti,
    alamat emailmu di mana??

  3. Neilaon 24 Feb 2014 at 10:13 am

    Teti,
    silahkan..kapan Teti ke Yogya??

  4. tetion 24 Feb 2014 at 9:44 pm

    Maaf, Bu, saya baru membaca balasan dari Ibu. Kebetulan hari ini saya ke jogja, Bu. Kira-kira Ibu bisa ditemui jam berapa ya, Bu? Terima kasih.

  5. Neilaon 25 Feb 2014 at 3:00 am

    Ini skalanya sudah siap dan akan saya email..

  6. tetion 26 Feb 2014 at 8:03 am

    alamat email saya
    tinova.tetiana@mail.ugm.ac.id
    atau
    tinovatetiana@gmail.com
    terima kasih, Bu.

  7. Dadangon 21 Mar 2014 at 12:59 am

    Ibu, mohon bantuannya.Saya sedang melakukan penelitian psikologi dan kesulitan untuk menemukan big five inventory dan penjelasannya. Saat ini posisi saya di Banjarmasin. Bisa minta tolong dikirimkan via email Bu? Alamat email saya md.priyatna@gmail.com. Terima kasih Bu.

  8. Neilaon 24 Mar 2014 at 10:55 am

    Sebelum saya tindak lanjuti komentar anda ini, akan lebih baik jika anda perkenalkan diri terlebih dahulu. Anda peneliti dari mana?

  9. Dadangon 28 Mar 2014 at 8:08 am

    Oh iya Bu. Saya lulusan Psikologi Unisba. Saat ini saya ingin meneliti tentang hubungan kepribadian karyawan dengan tingkat kedisiplinan/produktivitas di salah satu perusahaan di Banjarmasin. Hal ini juga dilakukan untuk persiapan magister psikologi saya. terima kasih Bu.

  10. Neilaon 10 Apr 2014 at 1:46 am

    Untuk artikel dan proses adaptasi silahkan baca di Jurnal Psikologi, 39(2), halaman 189-207. Alat ukurnya akan saya kirimkan ke email anda. Semoga sukses.

  11. Dittaon 10 Apr 2014 at 8:44 am

    ass. wr. wb
    Ibu Neila, saya ditta mhswi Psikologi Unisba. Saya mhswi tingkat akhir yang akan meneliti ttg hubungan big five personality dengan psychological well being bu. saya kesulitan mencari alat ukur baku BIF yang telah diadaptasi.
    jika ibu tidak keberatan, email saya dittaafebry@yahoo.com
    terimakasih bu, mohon bantuannya 🙂

  12. Dadangon 11 Apr 2014 at 8:55 pm

    Terima kasih Bu.

  13. Neilaon 19 Apr 2014 at 1:25 am

    Jawaban untuk Ditta sama dengan Dadang ya.. Silah baca di Jurnal Psikologi, 39(2), halaman 189-207.

  14. Lulu Melanion 22 Apr 2014 at 5:05 am

    Assalamu’alaiku wr. wb
    Selamat sore Bu Neila,
    Saya Lulu Melani Mahasiswi Psikologi Universitas Negeri Jakarta yang sedang dalam proses penyusunan skripsi. Saya ingin meneliti mengenai hubungan kepribadian Big Five dengan Intensi Turnover pada Karyawan.
    Saya sudah membaca artikel yang ibu tulis dengan judul “Adaptasi Budaya dan Bahasa Inventori Big Five”
    Jika ibu tidak keberatan apa boleh saya meminjam alat ukur Big Five Inventory yang sudah diadaptasi? karena saya membutuhkannya untuk penelitian yang akan saya lakukan.
    Mohon bantuannya Bu Neila.

    Terimakasih sebelumnya Bu

  15. Neilaon 19 May 2014 at 10:17 am

    Lulu Melani,
    Tentu boleh menggunakan alat ukur BFI versi bahasa Indonesia. Silahkan kirim email agar bisa saya balas untuk mengirimkan alat ukurnya ya..

  16. Nurhayation 22 Aug 2014 at 10:41 am

    Assalamualaikum, Bu Neila perkenalkan saya nurhayati dari teknik industri ITB.
    saya ingin melakukan peneletian tentang hubungan tipe kepribadian pekerja terhadap pengalaman kecelakaan kerja untuk tugas akhir saya. alat ukur yang ingin saya pakai adalah BFI.

    Jika Ibu tidak berkenan, apakah saya boleh memakai alat ukur BFI yang sudah diadaptasi?

    Berikut alamat saya : nurhay27@gmail.com
    Terima kasih sebelumnya

  17. dinion 05 Nov 2014 at 1:59 am

    assalamualaikum bu Neila,
    saya dini dari Psikologi Unjani saya sedang menyusun skripsi.
    saya ingin meneliti tentang tipe kepribadian anggota Komunitas Reptil,artikel ibu tentang “Adaptasi Budaya dan Bahasa Inventori Big Five” sudah saya baca.
    dan saya kesulitan dalam mencari alat ukurnya.
    jika ibu tidak keberatan saya mohon bantuannya untuk penelitian saya.
    terimakasih banyak.

    jika tidak keberatan ini alamatnya:
    dini.maya_anisa@yahoo.com

  18. Neilaon 26 Dec 2014 at 9:59 am

    Dini,
    mohon maaf baru sempat membalas pesan ini. Tentu saja boleh kirim email ke saya ya..

  19. amung tiagustaon 14 Jan 2015 at 12:50 am

    Assalamualaikum wr.wb
    Selamat siang bu Neila, saya amung tiagusta mahasiswi psikologi universitas brawijaya. Saat ini saya sedang menyelesaikan skripsi dengan judul hubungan kepribadian big 5 dengan problem focused coping pada karyawan , jika ibu berkenan saya ingin meminjam alat tes kepribadian big 5 yang telah diadaptasi bahasa indonesia oleh ibu . Karena saya membutuhkannya untuk kelancaran penelitian dan skripsi saya.
    Jika ibu tidak keberatan ini alamat emai saya bu amungtiagusta@gmail.com. terima kasih dan mohon bantuannya .

  20. iis sukmawation 23 Mar 2015 at 10:14 am

    Assalamu’alaiku wr. wb

    Selamat malam Bu Neila,

    Saya Iis Sukmawati mahasiswa Universitas Esa Unggul Jakarta yang sedang dalam proses penyusunan skripsi. Saya ingin meneliti mengenai hubungan trait kepribadian big five dengan strategi coping pada pekerja shift malam.

    Saya sudah membaca artikel yang ibu tulis dengan judul “Adaptasi Budaya dan Bahasa Inventori Big Five”. Jika ibu tidak keberatan apa boleh saya meminjam alat ukur Big Five Inventory yang sudah diadaptasi? . Saya kesulitan dalam mencari alat ukurnya.
    jika ibu tidak keberatan saya mohon bantuannya untuk penelitian saya.

    Terimakasih sebelumnya Bu

    jika tidak keberatan ini alamatnya

    iis.ichigo@gmail.com

  21. windion 15 Apr 2015 at 4:47 am

    selamat sore ibu neila,
    saya windi mahasiswi psikologi universitas gunadarma
    saya ingin melakukan penelitian tentang hubungan tipe kpribadian dengan subjective well being. alat ukur yang ingin saya gunakan adalah BFI. jika ibu berkenan bolehkah saya memakai alat ukur BFI yang sudah ibu adaptasi? terima kasih banyak.
    berikut email saya : windi17.wa@gmail.com

  22. Neilaon 07 May 2015 at 3:32 am

    semua permintaan alat ukur yang dimaksud di dalam artikel ini silahkan menghubungi langsung ke email saya di neila_psi@ugm.ac.id dengan menyebutkan nama/no mhs/universitas/pembimbing nya siapa? ya…

  23. Muslim Nasyrohon 19 Feb 2016 at 6:23 am

    Assalamu’alaykum Wr. Wb.

    Selamar sore ibu Neila.
    Saya Muslim Nasyroh, mahasiswa tingkat akhir jurusan M. SDM di poltek APP Jakarta.
    Saat ini saya dalam tahap penyelesaian tugas akhir, untuk keperluan tersebut saya bermaksud untuk memohon izin kepada ibu untuk dapat meminjam BFI yang telah ibu adaptasi sebelumnya.
    Judul penelitian saya “Hubungan Kepribadian dengan Kinerja Karyawan SDM.”
    Dosen pembimbing saya Ibu Rinandita Wikansari yang kebetulan alumnus UGM juga.

    Saya sangat berharap bisa mendapatkan izin dari ibu…

    Terima kasih bu.
    Mohon balasannya.

  24. Neilaon 10 Mar 2016 at 8:10 am

    Monggo mbak.. Silahkan.

  25. rineson 12 May 2016 at 8:04 am

    Assalamu’alaiku wr. wb
    Selamat sore Bu Neila,
    Saya Rines Residen Psikiatri FK UNDIP. Saya sudah membaca artikel yang ibu tulis dengan judul “Adaptasi Budaya dan Bahasa Inventori Big Five”
    Jika ibu tidak keberatan apa boleh saya meminjam alat ukur Big Five Inventory yang sudah diadaptasi? karena saya sangat tertarik dengan tulisan Bu Neila.
    Terimakasih sebelumnya.

    Hormat saya,
    Rines

  26. Neilaon 04 Jul 2016 at 8:53 pm

    Tentu boleh Rines.. emoga sukses ya

  27. Salma Aulia Utamion 22 Mar 2017 at 9:50 pm

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Selamat pagi, Bu neila. Saya Salma Aulia Utami, mahasiswa yang sedang menyusun skripsi S1 di Psikologi YARSI Jakarta. Saya sudah membaca artikel yang ibu tulis dengan judul “Adaptasi Budaya dan Bahasa Inventori Big Five”
    Maaf, Bu, merepotkan. Jika ibu berkenan apa boleh saya meminjam alat ukur Big Five Inventory yang sudah diadaptasi?
    Terimakasih sebelumnya.
    Hormat saya,
    Salma
    Wassalam

  28. Neilaon 25 Mar 2017 at 2:20 pm

    Salma,
    inventory dapat diunduh di http://neila.staff.ugm.ac.id/wordpress/?p=692 silahkan digunakan ya.. Cara mensitasi ada di dalam tulisan tersebut ya.. Semoga sukses.

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply