Nov 10 2012

Religius and historical tour

Published by at 11:34 am under My Personal Relation

The Blue Mosque

Incredible historical building

Istanbul: Yang selalu patut untuk dikenang

Kunjungan ke Istanbul sebetulnya bukan yang pertama kali. Ini yang ketiga kalinya saya ke Istanbul. Kunjungan pertama saya sempat bercerita di posting saya ‘Istanbul: aneka warna aneka gaya aneka budaya‘.  Sebuah kota yang tidak pernah puas untuk dinikmati. Allah SWT telah memberikan karuniahNya kepada umat manusia sebuah keindahan..

Pertama kali saya mengunjungi Istanbul pada Oktober 2008, dalam perjalanan menuju Sofia ibukota Bulgaria dalam rangka mengikuti konferensi East-European Conference on Psychology 30 Oktober – 3 November 2008.

Kunjungan ini sepertinya tidak dengan sengaja direncanakan karena hanya satu hari atau lebih tepatnya satu siang. Turkish Airline yang membawa saya ke Sofia transit di kota ini semenjak subuh hingga malam hari. Saya tidak menyia-nyiakan waktu dengan bergabung ke daily city tour..

Kurang puas dengan kunjungan siang hari ini, mendorong saya untuk mengubah rancangan perjalanan pulang saya dari Sofia. Selesai acara pokok menyajikan paper di East European Conference on Psychology, saya kembali ke Istanbul yang menjadikannya unjungan kedua. Kunjungan ini sepenuhnya hanya jalan-jalan sepuas-puasnya.

Kunjungan ketiga ini saya lakukan dengan sengaja dan betul-betul terencana, yaitu menghadiri International Conference on Education and Educational Psychology.. Saya menyajikan sebuah tulisan hasil kerja selama dua tahun dalam bidang pengembangan guru dengan Titian Foundation…

Pada kunjungan kali ini, saya sempatkan menelusuri lebih jauh kota sejarah Istanbul ini. Salah satu yang menakjubkan adalah’Yerebatan Sarayi” atau “Basilica_Cistern” yang menakjubkan.. Sebuah istana di bawah tanah yang dibangun kokoh…  gak bisa membayangkan generasi nenek moyang kita itu memang betul-betul pekerja muar biasa.. Bangunan ini didirikan pada abad ke-6 ini memang salah satu bukti sejarah yang wajib untuk dikenal oleh generasi penerus saat ini..

Cerita jalan-jalannya kayaknya perlu saya imbangi dengan berita bagus tentang kegiatan sesungguhnya dalam hal berbagi ilmu.. Yaaa kunjungan kali ini dalam rangka menghadiri International Conference on Education & Educational Psychology… Saya menyajikan hasil riset yang sudah dilakukan selama tiga tahun belakangan melalui kegiatan Bapak dan Ibu guru melalui kegiatan Teacher Quality Improvement…. Silahkan unduh unuk dibaca TQI Elsevier yang diterbitkan oleh Elsevier ini…,

One response so far

One Response to “Religius and historical tour”

  1. arsidaon 08 Dec 2012 at 8:26 am

    Bravo Bu Neila…. Thanks for “Menjadi Guru Inspiratif”. Senang banget,,, ada juga yang peduli dengan guru and pendidikan. Kami tunggu kesempatan untuk guru SMA…

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply