Jun 20 2008

Sikap: dapatkah berubah?

Published by at 12:17 am under Working Paper

Ini pertanyaan yang sering sekali diajukan.

Apakah sikap dapat berubah?
Jika ya, bagaimana?

Memang sikap dapat berubah, apalagi jika kita mengacu kepada teori situasionists yang mengatakan bahwa perilaku seseorang itu ditentukan oleh situasi (lingkungan). Bagaimana berubahnya? Untuk menjawab ini penting sekali kita memahami beberapa teori mengenai elemen-elemen pembentuknya. Jika sudah tahu elemen apa saja yang membentuk sikap, tentu saja dapat dilakukan modifikasi terhadap elemen ini sehingga terjadilah perubahan pada sikap itu.

Salah satu pendekatan yang digunakan dalam memahami pembentukan dan perubahan sikap dikemukakan oleh Eagly & Chaiken (1993) yaitu pendekatan struktur diantaranya adalah Combinatorial Model, membahas sikap berdasarkan pada isi atau faktor-faktor pembentuknya. Model ini memasukkan beberapa elemen pembentuk sikap kemudian mengembangkan model matematika untuk menjelaskan terjadinya sikap dan perilaku ini. Pendekatan yang lain adalah pendekatan proses yang memandang sikap dari sisi proses psikologis yang membentuknya.

Tulisan yang lebih lengkap mengenai pembentukan dan perubahan sikap dapat download di sini. Tulisan ini belum melalui proses review sehingga bagi yang akan mengutip, silahkan menghubungi penulis atau silah rujuk penulis asli yang tercantum pada daftar pustaka.

4 responses so far

4 Responses to “Sikap: dapatkah berubah?”

  1. Prastowoon 22 Jun 2008 at 1:11 am

    Mengubah sikap? Angel tenan!

  2. Neilaon 22 Jun 2008 at 1:09 pm

    milih mana? angel (sulit) tetapi bisa atau bisa tetapi angel?

  3. boedon 31 Jul 2008 at 9:00 am

    Wah Bu Neila,

    Saya sedang belajar tentang risk attitude ini Bu – dilihat dari sudut pandang ‘Prospect Theory’. Ini saya anak TI kok nyasar-nyasar ke Psikologi ya?
    :-))

    Btw, tentang perubahan, saya jadi inget model ini: unfreeze-change-freeze.

    wassalam
    boed | JTMI

  4. purbayaon 22 Nov 2009 at 11:36 pm

    mohon informasi tentang perubahan sikap ….saya sedang menulis perubahan sikap dikepolisian dr militer ke civil dalam tesis saya…terimakasih

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply