May 09 2008

Autism Spectrum Disorder: Menarik untuk dipelajari

Published by at 12:45 pm under Autisma

Ada sejarah unik yang saya alami sehingga saat ini menekuni bidang riset yang satu ini. Terjadi menjelang tahun ajaran baru 2005-2006 ketika saya terlibat sebagai salah satu panitia pekan inisiasi kampus.

Menjelang akhir dari salah satu rapat panitia tersebut, saya disapa seorang bapak yang selama kukenal bernama ‘Bambang Nur Prastowo‘. Pak Bambang adalah salah satu tim penilai grant yang ditawarkan Due Like yang bertajuk “Keterampilan Sukses Berbasis CD”. Waktu itu saya adalah salah satu pengusul dan kemudian memenangi kompetisi tersebut, sehingga terciptalah CD keterampilan sukses yang setiap tahun diperbanyak dan dibagi-bagikan kepada mahasiswa baru UGM.

“Bu Neila, saya mau ngomong sebentar”, begitu pak Bambang menyapa sambil beringsut mendekat pindah ke kursi di sebelah saya. Apakah gerangan ini? pikir saya waktu itu.

“Saya tu pingin tanya e”, ujar pak Bambang, yang membuat saya semakin penasaran tanya apakah? saya menahan diri untuk tidak menebak-nebak dengan membalas “piye Pak”, sambil sabar menanti kata-kata lanjutan pak Bambang yang memang terkesan sangat sabar dengan melahirkan hanya kata demi kata dengan seksama. Wah, pikir saya waktu itu, ini orang tipe yang suka bikin penasaran, hingga akhirnya melanjutkan,

“Bu Neila inget CD success skills kan?”, beliau bertanya dengan gaya retorik yang gak perlu saya jawab selain tersenyum sambil bertanya dalam hati “bagus kah? sehingnga pakar komputer ini tertarik untuk membicarakannya?”..

“Anak saya itu enjoy banget e memainkan CD itu” kemudian menyambung pembicaraan tanpa memberi kesempatan pada saya untuk menimpali “saya tu jadi kepikiran untuk mengembangkan CD seperti itu untuk anak autis”.

Saya mendengarkan dengan seksama sambil menunggu kelanjutan kalimat ini, hingga pak Bambang berujar lagi “anak saya tu autis, dan saya amati dia sangay menikmati main CD yang dikembangkan bu Neila itu”.. Deg.. hati saya waktu itu sempat berdetak agak keras tapi selanjutnya menjadi normal kembali.

Saya mendengarkan cerita lanjutan dari pak Bambang ini, sambil pikiran saya melanglang buana kesudut-sudut buku di perpustakaan, di rak buku di rumah ku, di toko buku… “autis??” apakah dan bagaimanakah bentuk wujudnya autisnya pak Bambang ini?

Saya terus terang saja gak begitu paham apakah itu autism. Pada waktu itu, saya hanya tahu autis adalah keengganan anak-anak untuk berhadapan dengan orang lain. Pada saat itu, saya pun tidak begitu tahu bahwa ternyata jumlah anak autis ini semakin bertambah. Nampaknya pak Bambang tida begitu melihat isyarat ketidak tahuan saya itu.

“sebetulnya tempohari saya bawa anak saya ke dokter, tapi dokter menduga Ahmad anak saya autis dan merekomendasikan untuk ke psikolog’, tanpa saya minta pak Bambang pun melanjutkan ceritanya. Saya pun mendengarkan dengan seksama, tidak hanya karena mencoba empati tetapi lebih banyak karena saya ingin mengetuk isi kepala saya seputar apa dan bagaimana autis ini. Dengan penuh rasa ingin tahu mengenai siapakah rekan dari kalangan psikolog yang menekuni autis ini, sayapun akhirnya memberanikan bertanya “lantas? waktu itu dibawa kemana?”.

“Nah ini”, kata pak Bambang seakan mendapat kesempatan mencurahkan isi hatinya sambil melanjut kan, “saya bawa ke seorang dosen senior fakultas psikologi” katanyakemudian berhenti seakan memberi isyarat pada saya untuk sabar karena beliau sedang membongkar folder yang ada di kepalanya.

Sebagaimana biasa, saya sabar menunggu dan menahan untuk tidak terlalu ‘njelehi’ memberondong lawan bicara dengan pertanyaan. Sampai akhirnya pak Bambang melanjutkan ceritanya.

“Waktu itu psikolog e ki malah bilang bahwa Ahmad ki kurang perhatian”, seakan tak puas dengan pernyataan psikolog tersebut, pak Bambang bercerita. “Beliau menasehati saya dan isteri untuk lebih banyak memberikan perhatian dan kasih sayang”.

Spontan saya bertanya “hm.. lantas?” sambil mengisyaratkan untuk mempercepat irama cerita ini. Saya mulai gak sabar, apakah betul autis disebabkan oleh kurang perhatian? atau lainnya?

Pak Bambang tahu betul bahwa saya hanya tahu teori, sementara itu beliau yang berhadapan, mengasuh, sekaligus mengamati perkembangan Ahmad. Tanpa harus melanjutkan cerita ini, Pak Bambang langsung mengajukan usulan kepada saya untuk bersama-sama mempelajari autis ini.

“saya tu pingin di psikologi ugm ini ada dosen yang mempelajari autis ini bu”, he lah emang iya, pikir saya. Saya tak paham apa, mengapa, dan bagaimana autis ini.

—–

Ya inilah sekilas awal karir saya dalam bidang autism spectrum disorder. Dituntut oleh keinginan untuk memahami autism ini dengan cepat, ide cemerlang pun melesat di kepala saya. Kenapa tidak menggunakan agent untuk mempelajari autism ini secara cepat? siapa lagi kalau bukan mahasiswa. Membimbing skripsi dan tesis mahasiswa yang berminat untuk mempelajari autism adalah cara smart yang kucanangkan pada tahun 2005 tersebut.

Empat orang mahasiswa menyatakan dirinya bersedia saya bimbing menulis skripsi. Bimbing? he he he tepatnya belajar bersama lah. Inilah mereka:

1. Fiana
2. Sungsang Yulia
3. Retty Thiomina

Ketiganya meneliti ASD ini dalam rangka penulisan skripsi. Di samping itu ada Amalia Dewi yang melakukan intervensi terapi perilaku untuk penelitian Magister Profesinya.

Kisah ini masih terus berlanjut lho, saya bersama-sama dengan pak Bambang dan juga bu Suning menulis proposal AHMAD yang dicarikan singkatannya menjadi Advanced Help for Autistic Disorder, suatu riset pengembangan permainan pendidikan berbasis komputer.

Riset ini akan berlanjut, beberapa telaah dan kisah berkait dengan autism ini dapat dibaca juga di autism care UGM. Bagi yang akan sharing mengenai autism ini dapatkirim ke email saya.

69 responses so far

69 Responses to “Autism Spectrum Disorder: Menarik untuk dipelajari”

  1. vaon 21 Aug 2008 at 5:14 am

    saya ingin mencari judul judul skripsi terkait tentang autisme.
    kirim ke email saya :
    va_nizs@yahoo.com

    terima kasih

  2. ina charlotteon 07 Sep 2008 at 8:31 am

    mba saya berminat untuk meneliti masalah utis untuk penyusunan skripsi saya. bisa tolong bantu saya untuk memilih judul tentang masalah autis??? tolong kirimkan ke email saya di psycho.chiq@yahoo.com
    terima kasih sebelumnya.

  3. tiwion 15 Sep 2008 at 9:58 pm

    mba nei’, perkenalkan saya tiwi. saya dulu mahasiswa profesi psikologi UGM angkatan XIII. tapi S1nya memang bukan di UGM tapi di UNIKA Soegijapranata, jadi mungkin ga terlalu ngeh sama saya πŸ™‚ sekarang saya sudah punya 1 anak usia 2,5 tahun yang diduga ASD. awalnya saya kira cuma terlambat bicara karena pas ulangtahun ke 2 cuma bisa “mama papa”. tapi setelah saya bawa ke psikiater anak, kemungkinan ASD atau ADHD karena sangat aktif.meski psikolog, tapi kalo anak sendiri, ternyata bingung juga πŸ™‚ ya, pastinya karena melibatkan “emosi-emosi tertentu” akhirnya karena ga brani ambil resiko untuk dampak jangka panjangnya, saya gunakan segala cara terapi untuk autis. dari kasi vitamin otak(tapi cuma 1 bulan), diet susu sapi dan tepung terigu, sampai terapi di sekolah kebutuhan khusus. ya, jadi cari info macem-macem soal autis. Memang tampak ada perkembangan dalam bicara, keterampilan sosialnya. sampe akhirnya ngobrol-ngobrol sama ibu-ibu di tempat terapi anak saya, ada pemeriksaan timbal pada darah, feses, dan rambut. kan itu juga bisa menyebabkan autis. saya sudah periksa juga. Namun di tengah segala usaha yang saya lakukan, saya juga tetap bertanya apakah anak saya betul autis? karena bedain ASD, speech delay, sama kurang stimulasi(ya, kurang perhatian itu) emang susah. karena waktu anak saya 1,5 tahun saya ambil S2 sambil kerja, jadi pulang kerja langsung kuliah mpe malam. saat-saat itulah mulai muncul gejala-gejala ASD. jadi, bisa jadi memang karena kurang perhatian. Jadi saya dukung kalau ibu teliti tentang ASD terutama untuk spektrum yang cenderung mendekati anak-anak normal seperti biasa.Takutnya salah penanganan, jadi yang tadinya yang sebenarnya gpp, akhirnya malah jadi beneran. Slah satu dampak sebenarnya bisa dapet kandungan gizi dari susu sapi akhirnya harus ganti soya.

    Kemudian saya tertarik juga tentang permainan pendidikan berbasis komputer. Saya pribadi bertanya-tanya seperti apa? karena ketertarikan anak autis pada komputer memang sangat tinggi, namun apakah itu tidak memperparah “autis”nya dimana kurang kemampuan untuk bersosialisasi..

    Sampai disini sharing saya, bu. Jika sharing pengalaman saya dengan anak saya dibutuhkan, silakan saja.

    thanks,
    Tiwi

  4. astyon 18 Sep 2008 at 11:58 pm

    assllm…..sebelumnya maaf saya adalah seorang terapis autis saya lu2san smk saya pingin sekali menggali lebih banyak tentang autis saya pingin tau tentang macam terapi autis dan segala macam soalnya saya belum begitu memahami tentang autis bolehkan saya mengetahui paling tidak untuk menambah ilmu cara menerapi mereka dari mbak?

  5. tikaon 04 Oct 2008 at 6:16 pm

    aku juga pengin banget tau tentang autis mbak. waktu itu aku sempet baca buku karangan sapa wez, aku agak lupa namanya kalau ngga salah torey haiden. dia khan seorang guru yang mengajar anak-anak autis. ternyata autis itu nggak dari lahir ya mbak soale salah satu tokoh dalam novel yang namanya sheila itu jadi kayak gitu karna perilaku orang tuanya. truz apa bedanya antara autis sama idiot soale kok kayak agak mirip gitu. truz kenapa juga lumba2 jadi alternatif penyembuhan bagi penderita autis.
    kayaknya segini aja dulu deh

  6. suprayitnoon 14 Oct 2008 at 10:22 pm

    sy suprayitno, sy py anak ke-2 dari 3 bersaudara, namanya Okta (laki2), umur skg 10th, dinyatakan anak autis sejak usia 2th. Selama ini saya sudah melakukan banyak usaha dari diet susu hewani, terigu dll. sampai konsumsi obat dr dokternya. Dan terapi jg sudah dilakukan hingga umur 5th, sekolah di TK umum 2th hingga selesai, tp setelah mau msk SD, smp skg belum ada SDN yg mau menerima anak autis. Sehingga isteri sy berhenti bekerja untuk terapi sendiri. Dlm hal ini Okta byk mengalami perkembangan baik dalam hal baca tulis, hingga komputer. Tetapi sifat autisnya ga bisa hilang seperti menghayal, bicara sendiri, meniru bahasa iklan sampai hafal semua. Kalau diperkenankan saya bs diberikan makalah2 yg dapat berguna bg saya. tks.

  7. marwandaon 10 Nov 2008 at 3:25 am

    met kenal mbak,saya wanda saya mempunyai anak laki2 umur 12th bernama tema ketauan autis sejak umur 2thn.tk disekolah umum dan skr sekolah dislb yg ada terapisnya,tp sampai skr blm bicara unt komunikasi dg menarik tangan kita, sy ingin diberikan makalah2 tentang autis dan cara2 pengobatannya. makasih banyak ya mbak

  8. tytaon 22 Nov 2008 at 9:02 am

    mbak,, sy tyta mhssw fisioterapi tgkt2, sy tertarik sekali akan perkembangan terbaru tentang autis,kebetulan sy mempunyai keponakan2 baru dalam dunia sy.
    nh sy ingin lebih tau banyak tentang dunia autis.
    mohon info yang lebih ya mbak.
    jika ada CDny lebih baik.
    thx b4

  9. doddyon 08 Jan 2009 at 10:20 am

    saya tertarik untuk mendapatkan cd yang mbak kembangkan? bgmn caranya? putra ke2 kami didiagnosa mengalami adhd,saat ini kami sedang mencari2 dan menimbang2 sekolah yang tepat untuk putra kami tersebut,mohon informasinya ya mbak…..thx…

  10. rurion 18 Jan 2009 at 9:47 am

    ass…..
    mbak, mo minta tolong, saya pingin bgt neliti to skripsi tentang autisme,,kira2 judul yg bgus apa ya????tolong saya,
    saya kulyah di jurusan gizi,stikes baiturrahim jambi..
    thank’s…

  11. johanneson 30 Jan 2009 at 11:25 pm

    salam….,

    mbak, sy seorang terapis anak, dan sekarang lg nelanjutin kuliah di fak psikologi di pekanbaru. Sekarang lagi nyusun skripsi judul ” pengaruh tingkat pengetahuan orang tua terhadap penerimaan anak autis”. Mohon dibantu tambahan teori tentang penerimaan anak autis mbak…., terima kasih banyak.

    joe

  12. danielon 24 Feb 2009 at 11:10 pm

    mbak, saya salah satu mahasiswa psikologi angkatan 2005, semester depan saya sudah mulai menjalani skripsi, saya tertarik meneliti tentang anak autis, di belakang rumah saya terdapat satu tempat penampungan anak2 penderita autis, saya minta bantuan mbak supaya saya dapat sebuah judul yang tepat buat saya. sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas bantuannya. tolong kirim saran untuk saya melalui venom_den86@yahoo.com
    Tx Daniel

  13. Ingridon 05 Mar 2009 at 9:50 pm

    Mbak, saya mahasiswa Fisioterapi, saya ingin sekali mencari tahu lebih banyak tentang Autis untuk penelitian dalam tugas akhir saya. Bisakah Mbak membantu saya dengan memberikan informasi mengenai peran Fisioterapi pada Autis, bagaimana cara pemeriksaan pada Autis untuk membedakan level/tingkatan autis (autis ringan/sedang/berat,dsb), alat ukur apkah yang dapat di gunakan untuk menilai keberhasilan program/terapi yg telah di berikan, perbedaan yang mendasar antara Autis, ADHD, ASD.
    Terima kasih atas jawabannya Mbak..
    Saya tunggu balasannya d email saya: qrey_9lv3@rocketmail.com

  14. Edithon 19 Mar 2009 at 11:17 pm

    Saya mahasiswa psikologi semester 4, sekarang sedang ikut lomba karya tulis mahasiswa soal autisme. wahh…coba saya termasuk mahasiswa Anda, pasti lebih nyaman bimbingannya…

  15. monaon 12 Apr 2009 at 9:45 am

    Mb,

    Saya mahasiswi jurusan komunikasi dan sebentar lagi saya akan menyusun skripsi. Saya tertarik untuk membahas mengenai autis. Mohon dibantu untuk memilih judul dan permasalahan seperti apa yang kira-kira sesuai dengan jurusan saya. Terima kasih.

  16. Neilaon 13 Apr 2009 at 7:01 am

    Mona, pertama saya diberi gambaran dulu apa saja yang sudah Mona pelajari di komunikasi?? Baru setelah itu kita fokuskan ketertarikan Mona tsb.

  17. Choirul Anamon 17 Apr 2009 at 7:02 pm

    Saya punya anak autis, nampak masih kategori ringan, karena dia bisa main game computer, sangat senang menyaksikan film cerita anak- anak, suka bernyanyi, sangat senang bermain balok ataupun puzzel , bisa melagukan beberapa nyanyian yang kami ajarkan, bisa berhitung 1 s/d 100, senang menggambar, bisa menghapal surat- surat pendek di juz Amma Al-Qur’an. Hanya saja kemampuan komunikasinya terbatas padahal usianya sudah 7 tahun. Saya butuh bantuan siapa saja dan lembaga apa saja untuk pendidikan anak saya. Bagi yang berkenan kami ucapkan jazakumullah, informasi kami tunggu di email kami : abudaud45@yahoo.co.id

  18. karilaon 20 Apr 2009 at 11:57 pm

    Mbak, saya seorang guru…dan beberapa bulan terakhir ini saya menemui diantara anak2 (murid2) saya ada yang mengalami gejala autis dan ADHD…BAgaimana agar saya dapat mengajar mereka lebih baik ya?
    Sometimes they are just hard to be handle…

  19. anggion 24 Apr 2009 at 8:58 pm

    Saya seorang mahasiswa keperawatan yang sedang mengerjakan skripsi,,namun saya masih bingung untuk judulnya.
    tadinya saya akan membahas mengenai pengetahuan dan sikap orangtua terhadap pendidikan seksualitas anak autis. namun judul saya dirasa kurang bisa diteliti karena pada lembaga pendidikan autis sendiri pun belum ada pendidikan khusus ke arah itu. sehingga tentu orangtua tidak cukup informasi dari lembaga tempat anaknya diterapi. Bagaimana ya baiknya dengan judul saya??
    bagaimana dengan judul yang tepat bila saya ingin mengangkat masalah konsistensi orangtua dalam pelaksanaan terapi anak autis dirumah???
    mohon bantuannya melalui email saya
    terima kasih..

  20. […] dengan autis? Dalam salah satu tulisan saya pada May, 2008 autism ini adalah suatu kondisi seseorang (anak) yang […]

  21. dianon 26 May 2009 at 1:55 am

    mba.. pa kabar?
    saya ingin mengajukan proposal skripsi saya dan saya tertarik mengenai autism…
    tolong bantu saya untuk mencari judul yang tepat..
    autism yang berhubungan dengan teori relationship dalam komunikasi antarpribadi.
    terimakasih mba..
    tolong balas ke email saya ya…

    desecondister@hotmail.com

  22. deazaon 28 May 2009 at 11:47 pm

    mbak mta bantuan nya donk.saya tertarik mau angkat judul tentang autis untuk skripsi saya.bantuin cari in judul yang bagus dunk mba tntang autis

  23. deazaon 28 May 2009 at 11:48 pm

    kirim di email saya mba azdea_ra@yahoo.co.id

  24. sigiton 06 Jun 2009 at 10:48 am

    anak saya autism saya udah terapy tapi sedikit perkembanganya, saat ini anak saya berhenti terapi karna masalah dana. saya ingin terapi sendiri dengan istri. apa ada yang jual buku tentang autism terapy. tolong hubungi saya. Trimm

  25. melfi rson 18 Jun 2009 at 6:41 am

    Saya ibu dari 3 anak laki-laki.Dayat 12 tahun, anak saya yang pertama penderita ASD. Mulai diterapi perilaku sejak usia4 tahun,hanya saja terapi itu tidak bisa dilakukan terus menerus karena kami tidak tinggal di daerah yang punya tempat terapi, jadi dia hanya diterapi bila ada keluarga yang bisa mengambil alih sebagian peran saya.Tapi kami terus berusaha membelajarkannya dirumah,disamping diet dan pengobatan lainnya.Jadi Bu saya tertarik untuk memiliki CD yang Ibu disain itu, karena ank saya termasuk yang senang bermain komputer. Tolong Bu,bagaimana cara mendapatkan CD tersebut, mohon informasinya.

  26. Neilaon 18 Jun 2009 at 11:22 am

    Hello semuanya,
    wah saya mohon maaf karena beberapa bulan terakhir sedang menenggelamkan diri di dalam penyelesaian disertasi jadi gak sempat menjawab satu per satu. Mengenai CD akan saya buat tulisan singkat proses pengembangan terakhirnya karena CD tersebut belum final status pengembangan softwarenya. Mengenai judul riset? buanyak e dan butuh diskusi lebih lanjut nih, minat kalian mempelajari mengenai apa nya??

    Kalau dari segi anak autis: mungkin topik perkembangan hubungan interpersonal, perkembangan bahasa, atau bisa juga konsistensi emosi dalam berhubungan dengan orang lain.

    Dari segi orang tua: bisa penerimaan orang tua, kerjasama antara kedua orang tua dalam mendidik, atau.. saudara-saudara nya?

    Dari segi pendidikan: bisa mengenai tingkat pemahaman intelektual, media pembelajaran dan banyak lagi dehh..

  27. Chrison 23 Jun 2009 at 10:01 pm

    Saya mahasiswa fisioterapi.bgaimana sih peranan fisioterapi dan penangananx pd anak autis.thanks

  28. sueon 28 Jun 2009 at 11:46 pm

    Ibu, ramai sekali ternyata diskusi tentang autism..
    Wah saya jadi ingin tahu bagaimana kabar adik-adik di dian amanah.

  29. Cacaon 14 Jul 2009 at 7:48 am

    Langsung sj,sy ingin menanyakan metode yg tepat u mengajarkan pelajaran komputer pd ank autis?trims

  30. puspa ayu damayantion 28 Jul 2009 at 7:05 am

    perkenalkan bu….saya mahasiswa Magister Sains psikologi UGM dan saat ini kebetulan saya mengajar seorang anak penyandang autis…jujur, pengetahuan saya masih sangat dangkal…beberapa hari ini saya bingung dengan perilakunya yg seringkali memegang alat kelaminnya (dia laki2)…yg ingin saya tanyakan, bgm kita mengajarkan seksualitas pada anak penyandang autis yg mulai menginjak masa remaja???terimakasih…

  31. Neilaon 14 Aug 2009 at 5:32 am

    Sue, boleh dong bagi pengalaman di sini.

    Buat Caca: Kalau metode mengajar komputer yang paling tepat kalau menurut saya .. ya belikan aja komputernya (he he he).. karena yang namanya keterampilan akan berkembang jika seseorang dekat dan sering menggunakan alat yang akan dipelajarinya.

    Buat Puspa: pendidikan seks itu susah-susah gampang ya mengajarkan dengan anak-anak. Ada banyak metode dalam mengajarkannya, mulai dari memperkenalkan berbagai hal yang berkaitan dengan seksualitas (exposure) tetapi ada juga yang mengajarkannya dengan komik atau dongeng…

  32. rennion 06 Nov 2009 at 4:13 am

    mba, aku minta referensi buku yang membahas tentang anak autis boleh nggak ?
    aku lagi nyusun skripsi tentang Virtual peer sebagai metode baru untuk terapi anak autis.
    terima kasih mbaa πŸ™‚

  33. istin trisnaon 01 Dec 2009 at 1:07 am

    ass. mba neila, pend. terakhir saya s1 sastra, saya mo s2 terapis py info sekolah terapis ga yg di jakarta? thx . via email: yuni_trisna@yahoo.com

  34. rinaon 22 Jan 2010 at 1:52 am

    mbak,saya sedang lagi mengajukan skripsi yang dengan judul Kemampuan empati orang tua dan perilaku anak autis..
    nah,di skrispi saya,saya menggunakan 2 konsep variabel,variabel bebas dan terikat,variabel bebasnya adlh Kemampuan Empati orang tua dan variabel terikatnya Perilaku anak autis,,nah yang saya mau tanyakan,,Seperti apa apa saja yang dimaksudkan kemampuan empati orang tua khususnya yang mempunyai anak autis?
    dan seperti apa perilaku anak autis,,yang semua itu nantinya saya bisa masukkan kedalam indikator konsep variabel bebas dan terikat..
    tolong dijawab yah mbak pertanyaan saya ini,,ke email saya aja yah mbak.

    makasih

  35. letitiaon 25 Jan 2010 at 6:33 am

    Ibu Neila,
    saya juga sedang menyusun skripsi tentang anak berkebutuhan khusus, dan kebetulan saya juga memiliki abk.
    Dapatkan ibu membantu memberikan saran tentang teori yang dapat digunakan mengenai penerimaan orangtua terhadap anak berkebutuhan khusus? terutama mengenai proses penerimaan orangtua.
    sampai sekarang saya belum sreg dengan teori2 yg telah didapat.
    terimakasih atas saran & waktunya,
    anda dapat mengirimkan balasannya ke e-mail saya.

  36. niezaon 30 Apr 2010 at 12:25 am

    Cerita yang menarik…sampai2 mengundang banyak komentar…
    very good… πŸ˜€

  37. ida purwaningsihon 23 May 2010 at 7:42 am

    mlm mba nama ku ida saya kul di IKIP jakarta timur sedang mengajukan proposal seminar usulan penelitian,judul yg paling cocok untuk proposal saya apa ya mba… menjelaskan tentang metode ABA (applied behavoral analisys)

  38. adita rahmanon 21 Jun 2010 at 10:42 pm

    Anak autis atau anak kebutuhan khusus (special needs children) adalah anak-anak yang dilahirkan secara istimewa dan berbeda dengan anak-anak pada umumnya. Anak-anak ini diamanahkan pada orang tua-orang tua yang juga istimewa. Karena berbeda dengan anak kebanyakan, maka penanganan anak kebutuhan khusus memerlukan cara yang khusus pula. Berikut ada salah satu solusi menangani anak autis dengan SEFT (tehnik yang menggabungkan psychology dengan spiritualitas).. lebih lengkap di http://www.seft.co.id/abk.php

  39. masrukhion 23 Jun 2010 at 10:08 am

    Ass.wr wb

    Malam Bu Neila.saya seorng terapis baru menghususkan untuk pengobatan AUTIS.
    Alhamdulillah sudah 3 anak autis dapat kami tangani dengan hasil yang sangat memuaskan.karena kami mengobati dengan berbagai metode.
    saya tertarik untuk CD karya ibu sebagai tambahan terapi kami.
    Moga tuhan menerima amal ibu. terimakasih sebulumnya.

  40. maherion 30 Jun 2010 at 12:42 pm

    assmualaikum wr.wb mbak saya punya anak laki2 autis yg berumur sdah 12 thun . tapi smpai skrang tidak bisa untuk mengurus dirinya sendiri. mohon bantuan
    dan solusinya mbak . terima kasih

  41. Neilaon 07 Jul 2010 at 12:11 pm

    Dear Maheri,
    Autisma itu memang bermacam-macam ya. Apa bisa mencoba menghubungi Bapak Masrukhi di atas? Atau Pak Masrukhi bisa lho kontak duluan ke Maheri. Semoga dapat bersilaturakhim.. saya tunggu kabarnya.

  42. ditaon 06 Aug 2010 at 10:48 am

    saya lagi penelitian ne tentang pengetahuan autis,,saya boleh minta usul teori2 yg bisa saya pakai untuk BAB 5 saya?

  43. Neilaon 07 Aug 2010 at 10:44 am

    Dita,
    Saya gak tahu bab lainnya apa e.. Gimana kalau Dita sharing aja dulu risetnya mengenai apakah? Hasilnya bagaimanakah?

  44. Desca Won 05 Oct 2010 at 6:27 am

    assalamualaikum , mba , aku Desca mahasiswi jurusan Matematika tingkat 4 s1 di ITB, saya sangat tertarik untuk mengambil topik Tugas Akhir saya tentang individu autis . kira2 masalah yang dapat saya angkat apa yah ? tentu saja yang berkaitan dengan matematika . sampai saat ini saya bingung . saya ingin mengangkat tema yang nantinya berguna untuk terapi penyembuhan autis . jika ada saran, tolong kirim via email ke descawidayanti@yahoo.com yaa mbak . sangat saya tunggu . terima kasih

  45. wulanon 14 Nov 2010 at 2:34 am

    mba,,sya sdang menjalani skripsi yg membhas tentang autis,,sya mau tanya,,bagaimana kita bisa meneliti kecerdasan anak autis’a itu sendiri..ad tidak hubungan’a dari pengetahuan orang tuanya tentang cara mendidik dangan tingkat kecrdasan anak autis itu???

    trimakasih

  46. Neilaon 18 Nov 2010 at 10:56 am

    helo Wulan,
    mengetahui kecerdasan anak dapt dilakukan dengan beberapa cara. Sebelumnya tentu saja kita perlu menentukan terlebih dahulu kecerdasan yang dimaksud untuk tujuan apa? Kalau butuh skor kecerdasan atau IQ ya tentu saja menggunakan tes inteligensi. Tapi kan jangan lupa kecerdasan itu beragam banyaknya?? Nah mungkin dengan pengamatan terus menerus?

  47. niewenon 01 Dec 2010 at 10:13 pm

    anak autis.. saya sedang menyusun skripsi mengenai autis tetapi saya blm dpt bahan yg banyak mengeani penerimaan orang tua, penyesuaian orang tua kpd anak autis…
    klo ad yg punya buku, ebook, skripsi tolong bisa dikirim ke email saya…..

    weni.wandira@gmail.com

    terima kasiiii

    sukses terus mba neila…

  48. Neilaon 03 Dec 2010 at 2:12 pm

    Niewen,
    Coba anda kirim email pribadi ke saya. Cerita lebih lanjut mengenai apa yang ingin dipelajari. Anda mahasiswa mana?

  49. Miftaon 02 Apr 2011 at 7:48 am

    Mbak saya sdg mnjlni skripsi yg membhs tntng autis,,tetapi saya blm dpt bnyk bahan mengenai kemampuan berbicara anak autisme..Klu ada buku,,skripsi yg berhubungan dg kemampuan berbicara anak autis,,bs mbak krm kn email saya..Rhibon_mk@ymail.com
    Terima kasih ya mbak

  50. Julianaon 01 Mar 2012 at 10:41 pm

    Siang bu, saya Juliana yang sedang menempuh tugas akhir di jurusan sistem informasi. Saya tertarik untuk pengangkatan tugas akhir saya tentang autis. Mohon pencerahanya untuk judul yang tepat.

    Saya hanya bisa menggunakan desktop untuk pembuatan aplikasinya bu.
    Awalnya berencana untuk membuat perangkat lunak terapi autisme dengan metode ABA karena melihat buku dari bpk Handojo yang sangat lengkap tentang terapi autis dengan merode ABA..

    Yang ingin saya tanyakan apakah sudah ada aplikasi untuk membantu terapis, orang tua dan sekolah dalam memonitor perkembangan anak?saya pesimis sudah digunakan saat ini dan bingung menentukan judul lainya yang berhubungan dengan sistem informasi. dan saya juga memerlukan buku-buku, penelitian2 tentang autis sebagai bahan untuk pembuatan tugas akhir saya.

    mohon balasannya di emailkan di chen_chen22@ymail.com
    terima kasih bu…

  51. dhonaon 11 Mar 2012 at 8:27 am

    Assalamualaiku, mf sblm_y saya mahasiswi dari salah satu STIK dkota Palembang.
    saya skrg da sMestr trakhir yg lg mau menyusun skripsi dan judul yg saya ambil itu tentang Autisme, saya lg mencari referensi tntg Autisme itu. kalau bisa saya mau mnta bantuan ni, yach kalau ada referensi dr buku, blok, atau skripsinya yg bisa mmbantu saya u/ menyelesaikan penyusunan ni,.,
    terimakasih ne sblmnya,, Wassalamualaikum,

  52. sharyon 13 Apr 2012 at 11:53 pm

    Slm kenal mba neila
    sy seorng mahasiswa,sy tertarik untuk menyusun skripsi menganai autis.tp data yg sy dapt mash sdkt skl,sy binggung mw ambl variabel apa untuk diteliti.
    mhn bantuannya ,,,,,

  53. megaon 18 Jan 2013 at 2:42 am

    sy mahasiswa jurusan epidemiologi,sy tertarik untuk menyusun skripsi menganai autis yang dikaitkan dengan epidemiologi cuma sy bingung variabel autis apa yg bs sya teliti terkait dg epidemiloginya, mohon masukannya bu ke email sy eganur.mega@gmail.com tks

  54. rizkaon 06 May 2013 at 8:48 pm

    slm kenal ibu neila
    sya mahasiswa jurusan keperawatan,, sy mau mengajukan judul ttg autisme ,, tapii sy bingung dalam pemilihan judul..
    mohon masukannya ya buu ke email sy yaumal.rizka@yahoo.com
    maksii ya buu

  55. Neilaon 01 Jun 2013 at 12:47 pm

    Untuk Miftah, Juliana, Dhona, Shary, Mega, dan Rizka
    Terima kasih atas komunikasi melalui media ini. Saya usahakan menanggapi komunikasi melalui media ini juga agar rekan lainnya yang membaca dapat ikut sharing. Apabila kalian menginginkan komunikasi pribadi silahkan kirim email ke neila_psi@ugm.ac.id

    Mengenai riset tentang anak-anak dengan autisma:
    1. Saya belum banyak menemukan buku tentang kemampuan bicara anak, namun saya pernah membimbing skripsi tentang Kemampuan Komunikasi pada anak-anak dengan autisma ini. Coba sempatkan datang ke perpustakaan Fakultas Psikologi. Di samping itu akan saya sempatkan menuliskan di sini tentang kemampuan komunikasi anak-anak dengan autisma.

    2. Saya mengetahui ada beberapa aplikasi yang dikembangkan rekan-rekan dari ilmu komputer maupun elektro untuk membantu anak-anak dengan autisma ini. Terakhir, saya sempat mereviu karya rekan-rekan Amikom Yogyakarta yang ikut lomba. DI aplikasi tersebut, mereka mengembangkan game yang dilengkapi dengan sensor gerakan sehingga anak-anak dengan autisma dapat belajar engenai beberapa hal. Bila Juliana akan mengembangkan yang lain, akan sangat bermanfaat setidaknya dapat lebih meringankan tugas bapak/ibu guru dan orang tua.. Dengan demikian sebaiknya saya saran untuk mengembangkan aplikasi yang mengandung muatan yang menstimulasi soft skill anak-anak..

    3. Riset lain berkaitan dengan anak-anak dengan autisma ini sebetulnya amat banyak sekali. Saat ini saya sedang riset dengan fokus tentang pandangan para orang dewasa tentang autisma.. dan perkembangan pendidikan anak-anak dengan autisma di Indonesia.. riset ini saya lakukan dengan rekan dari US sehingga kami akan memperbandingkan keduanya. Untuk buku-buku mohon lebih spesifik yang diinginkan tentang apa?? Mohon Dhona, Shary, Mega, dan Rizka membaca dulu beberapa buku sehingga dapat menemukan fokus atau variabel yang diminati.. Jika kalian tinggal di Yogya mungkin kita dapat melakukan dikusi kelompok untuk brainstorming ya..

    OK semua, selamat berkarya..

  56. lifa sweeton 15 Oct 2013 at 11:18 pm

    mbk tolong carikn judul yang mengenai anak autis yang mana anak auitis ini kurang perhatian mbak ,,,,,,,,,
    saya lagii bingung ne mbk,,,,,,,,
    makasie mbk,,,,,

  57. Neilaon 19 Oct 2013 at 1:36 am

    Lifa,
    judul apa e??

  58. nike rahmayunion 08 Nov 2013 at 9:40 pm

    mbak bisa bantu saya membuat judul skripsi tentang anak ABK???
    saya bingung mesti pake model konseling seperti apa yang cocok anak ABK

  59. nike rahmayunion 08 Nov 2013 at 9:41 pm

    tolong donk mbak bantu saya ….. email saya : rahmayuni.nike@gmail.com

  60. Inayahon 08 Dec 2013 at 3:22 am

    assalamu’alaikum…
    Maaf, saya mau sedikit tanya tentang autis. bagaimana cara mengetahui tingkat komunikasi pada anak autis dan bagaimana jika diberikan dengan terapi bicara? apakah ini ada hubunganya?
    tolong jawabanya… email saya (shienaya22@gmail.com)

  61. kriswilanion 15 Nov 2014 at 7:17 am

    slamat malam mbak, saya mahasiswa semester 7 s1 keperawatan dutagama klaten, saat ini saya sangat tertarik untuk mengambil judul berkaitan dengan terapi autis pada anak, bisa kasih referensi untuk buku2 mengenai terapi autis?sebelumnya saya mengucapkan banyak terimakasih. ini email saya (kriswilaniimanuela@gmail.com)

  62. Neilaon 26 Dec 2014 at 10:00 am

    Kriswilani,
    referensi tentang autisme sangat banyak terdapat di perpustakaan UGM. Coba di perpustakaan Fakutas Psikologi banyak lho, sesekali luangkan waktu ke sana ya…

  63. Firaon 31 Mar 2016 at 9:57 am

    Haloo Mbk.. Salam kenal.. Mbk sy saat ini lgi skripsi.. Skripsi sy berjudul resiliensi ortu yg memiliki anak autis.. Kira” buku apa yaa yg bisa sy jdikn refrensi ttg anak autis yaa..?? Tlng kirim ke email saya ya.. Fahriaelfira@yahoo.co.id..
    Mksh..

  64. Taufiq hidayaton 12 Jan 2017 at 8:30 am

    mba, setau saya itu autism spectrum disorder, bukannya syndrome. krn jauh berbeda antara keduanya

  65. Neilaon 14 Jan 2017 at 11:13 am

    Taufiq Hidayat, Terima kasih atas koreksinya.. Sudah saya edit dan semoga sharing seperti ini dapat menambah pemahaman kita (khususnya saya) tentang permasalahan anak.

  66. dedeon 06 Mar 2017 at 2:52 am

    Perkenalkan nama Sy Dede rinopianti. skripsi sy terhenti gara-gara formt petanyaan wawancara sy di tolak. Bisakah sy mendapatkan pertanyaan tukwawancara.yang valid tuk mengetahui peran guru terhadap kemampuan komunikasi anak autis

  67. dedeon 06 Mar 2017 at 2:53 am

    erkenalkan nama Sy Dede rinopianti. skripsi sy terhenti gara-gara formt petanyaan wawancara sy di tolak. Bisakah sy mendapatkan pertanyaan tukwawancara.yang valid tuk mengetahui peran guru terhadap kemampuan komunikasi anak autis. alamat email sy dederinopianti@gmail.com. Terimakasih

  68. dedeon 06 Mar 2017 at 2:55 am

    erkenalkan nama Sy Dede Srinopianti. skripsi sy terhenti gara-gara formt petanyaan wawancara sy di tolak. Bisakah sy mendapatkan pertanyaan tukwawancara.yang valid tuk mengetahui peran guru terhadap kemampuan komunikasi anak autis. alamat email sy dedesrinopianti@gmail.com. Terimakasih

  69. Neilaon 09 Mar 2017 at 10:43 am

    Dede,
    ada banyak buku panduan dalam menyusun pertanyaan untuk wawancara. Coba lagi ya, baca buku Metodologi Penelitian. Semangat..

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply