Dec 20 2009

Taj Mahal yang memang benar-benar mahal

Published by at 11:07 am under Leisure

Duluuuuu sekali waktu masih SMP, saya sering mendengarkan guru sejarah favorit saya (namanya bu Yeni) bercerita tentang kemasyhuran syah Jehan (kalau saya cek di buku namanya adalah Shah Jahan) yang memerintahkan rakyatnya untuk membangun mausoleum (makam) untuk istri tercintanya Mumtaz ul Zamani (atau lebih terkenal dengan nama Mumtaz Mahal). Waktu mendengar cerita bu Yeni ini, saya membayangkan musoleum itu seperti layaknya makam yang ada di Indonesia. Tetapi begitu melihat fotonya di berbagai buku yang kubaca, apalagi setelah ada Internet, saya lihat foto dan video Taj Mahal ini megah sekali dan sangat berbeda dengan bayangan saya mengenai sebuah makam.

Tanggal 10-14 Desember 2009, saya beserta beberapa teman menghadiri Asian Ascosiation for Social Psychology Conference di New Delhi, India. Nah, inilah kesempatan yang saya tunggu-tunggu untuk dapat melihat dari dekat yang namanya Taj mahal sebuah mahakarya yang melibatkan 20.000 tenaga kerja, dibangun selama 23 tahun.. wah wah wah kayak apa ya??

‘Taj Mahal memang benar-benar istimewa’, inilah kesan pertama saya. Mausoleum yang dibangun dengan menggunakan pualam putih dengan kealitas istimewa ini memang mampu mengundang pengunjung dari berbagai penjuru dunia. Inilah simbol rasa cinta kasih seorang Sheh Jehan kepada Mumtaz Mahal. Mumtaz yang meninggal setelah melahirkan anak ke-14 nya ini nampaknya benar-benar istimewa sehingga Sheh Jehan ini dirundung sedih dan melukiskan cintanya dengan semuah makam yang teramat indah.

One response so far

One Response to “Taj Mahal yang memang benar-benar mahal”

  1. reraon 13 Apr 2010 at 6:27 am

    wah, kapan ya saya bisa berkunjung ke sana…?

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply