Aug 14 2009

Active Learning & Soft Skills

Published by at 9:08 am under Life Skills

Tulisan ini adalah penggalan paper yang saya sampaikan pada Seminar Peran Soft Skills di dalam Proses Pembelajara. Seminar ini diselenggarakan oleh AKPER Panti Rapih Yogyakarta.

“Tell me and I will forget…
Show me andI may remember…
Involve me and I will understand.”
– Confucius, 450 BC

Kata-kata bijak tersebut di atas dapat dijadikan dasar untuk menyatakan betapa pentingnya soft skills di dalam menyampaikan materi pembelajaran.Tapi sebetulnya apakah Soft Skills itu? Ya… istilah ini sering juga disebut keterampilan lunak adalah keterampilan yang digunakan dalam berhubungan dan bekerjasama dengan orang lain. Secara garis besar keterampilan ini dapat dikelompokkan ke dalam:

1.    Process Skills
2.    Social Skills
3.    Generic Skills

Contoh lain dari keterampilan-keterampilan yang dimasukkan dalam kategori soft skills adalah etika/profesional, kepemimpinan, kreativitas, kerjasama, inisiatif, facilitating kelompok maupun masyarakat, komunikasi, berpikir kritis, dan problem solving. Keterampilan-keterampilan tersebut umumnya berkembang dalam kehidupan bermasyarakat.

Fakta-fakta yang ada di dalam kehidupan saat ini:

  1. Terjadi perubahan kehidupan bermasyarakat sebagai dampak dari perkembangan teknologi dan lingkungan sosial telah mempersempit kesempatan mengembangkan keterampilan sosial.
  2. Penyesuaian diri terhadap persaingan hidup (baik kehidupan pribadi maupun dunia kerja) menuntut dikuasainya keterampilan (hard maupun soft).
  3. Pembelajaran tradisional yang lebih banyak dilakukan dengan satu arah, kurang memfasilitasi berkembangnya soft skills ini.

Baca lebih lanjut silah ceklik paper ini

3 responses so far

3 Responses to “Active Learning & Soft Skills”

  1. reraon 13 Apr 2010 at 6:32 am

    terimakasih untuk artikel yang telah ibu tulis, sangat menarik untuk dibaca..

  2. Nananon 05 Aug 2010 at 2:12 am

    terima kash atas penjelasan singkat dan menariknya. kayanya boleh dilanjutkan bu pembahasan active learning nya.

  3. lastrion 17 Dec 2010 at 1:05 am

    ibu, mau tanya apakah skala STLS itu bisa mengungkap keterampilan sosial seseorang? kalo boleh tau apa saja indikator dari keterampilan sosial yang ibu maksud dalam penelitian “pelatihan keterampilan sosial”. trimakasih…

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply