Aug 01 2009

Why do they use the email?

Published by at 11:34 pm under TPB

Tulisan ini merupakan riset pendahuluan yang saya lakukan untuk mendapatkan jawaban langsung dari sampel penelitian mengenai penggunaan email. Responden riset pendahuluan ini adalah 30 dosen-dosen UGM. Terima kasih kepada teman-teman dosen yang telah bersedia menjawab pertanyaan yang saya kirimkan. Jawaban ini akan menjadi dokumen penting dalam menyusun aitem skala pengukur berbasis TPB.
Enam pertanyaan terbuka yang dikembangkan untuk mengumpulkan data mengenai keyakinan mengenai penggunaan email, keyakinan normatif yaitu mengenai orang/pihak yang mempenagruhi dosen UGM dalam menggunakan email, dan keyakinan mengenai hal-hal yang mengontrol dalam menggunakan email untuk hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan sebagai dosen UGM adalah sbb.:

a.    Apakah keunggulan email dalam mengkomunikasikan informasi yang berkaitan dengan pekerjaan sebagai dosen UGM? (boleh lebih dari satu jawaban)
b.    Apakah kerugian/kelemahan email dalam mengkomunikasikan informasi yang berkaitan dengan pekerjaan sebagai dosen UGM? (boleh lebih dari satu jawaban)
c.    Adakah orang-orang yang ikut menentukan pilihan anda untuk menggunakan email dalam mengkomunikasikan informasi yang berkaitan dengan pekerjaan sebagai dosen UGM? (misal: atasan, rekan kerja, dll.). Bila ada, sebutkan (boleh sebanyak mungkin).
d.    Kadang-kadang, pada saat kita bingung untuk melakukan sesuatu hal, kita melihat orang lain melakukan sesuatu. Dalam menggunakan email untuk  mengkomunikasikan informasi yang berkaitan dengan pekerjaan sebagai dosen UGM, siapa sajakah yang anda jadikan model?
e.    Apakah ada faktor atau kondisi lingkungan yang menyebabkan anda dapat menggunakan email dalam mengkomunikasikan informasi yang berkaitan dengan pekerjaan sebagai dosen UGM?
f.    Apakah ada faktor atau kondisi yang mempengaruhi anda sehingga anda tidak dapat menggunakan email dalam mengkomunikasikan informasi berkaitan dengan pekerjaan sebagai dosen UGM?

Content analysis dilakukan terhadap sejumlah respon yang diberikan oleh responden. Terima kasih kepada teman-teman yang telah bersedia menjawab pertanyaan saya dalam penelitian tersebut. Hasilnya studi dapat dikategorikan kedalam (1) keuntungan/kelemahan yang merupakan keyakinan mengenai penggunaan email, (2) orang/pihak yang mempengaruhi penggunaan email, dan (3) kondisi yang mendukung/menghambat penggunaan email. Nah, coba deh kita pelajari hasilnya adalah sbb.:

1. Keuntungan dan kerugian menggunakan email:
a. Koresponden dan dokumen yang dibicarakan di dalam email dapat terdokumentasi dengan baik.
b. Email memudahkan karena dapat diakses di mana saja (dengan mobile devices)
c. Dapat mengirimkan file dalam berbagai bentuk maupun ukuran
d. Memudahkan dalam membangun jejaring dengan para ilmuwan dan praktisi
e. Kerugian: jika tidak rajin dan teliti mengontrol keluar masuk email maka sering mendapat SPAM

2. Pihak/orang yang mempengaruhi dosen UGM dalam menggunakan email:
a. Teman sekerja/seprofesi
b. Atasan/dekan/supervisor
c. Para ilmuwan/penulis artikel
d. Lembaga yang akan dihubungi (misalnya: mendaftar email. konferensi. seminar harus pake email)
e. Mahasiswa

3. Kondisi apakah yang mendukung/menghambat penggunaan email:
a. Waktu: kalau sedang sibuuuuuk sekali mana sempat kirim dan cek email
b. Ada fasilitas: laptop, network yang dapat digunakan setiap saat baik di kantor, di rumah dan dimana saja.
c. Kompetensi: awalnya tidak tahu bagaimana cara menggunakan email
d. Ada seseorang yang membantu apabila mengalami masalah dengan email (teknisi/PPTIK)
e. Hambatannya: jika koneksi luuuaaammmbat banget sehingga bikin frustasi.

Tulisan ini akan digunakan untuk menyusun skala pengukur perilaku berbasis TPB yang akan saya lanjutkan pada posting mendatang.

5 responses so far

5 Responses to “Why do they use the email?”

  1. ferry teguhon 02 Aug 2009 at 4:22 am

    ada satu bu, orang malas enggan menggunakan email karena msh berasumsi, informasinya bisa disadap shg masiih senang dgn cara konvensional terutama utk generasi tua

    trims
    ferry

  2. […] Sehingga konstruk yang digunakan dalam menyusun aitem-aitem berbasis TPB selayaknya diperoleh dari studi pendahuluan. sumber: […]

  3. reraon 13 Apr 2010 at 6:33 am

    email, saya sering tidak nyaman ketika mendapat email dari facebook, karena sangat banyak sekali..

  4. Novitasarion 18 May 2016 at 11:41 pm

    Selamat siang ibu Neila, postingan ibu tentang tpb sangat membantu pemahaman saya. penelitian ibu yang terkait tpb bisa di unduh di link apa ya bu? Soalnya saya donwload dari web ini tidak bisa

  5. Neilaon 04 Jul 2016 at 8:53 pm

    Dari link tersebut, saya sudah cek bisa mbak. Coba lagi ya…

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply